Toyota Sudah Jual 21 Juta Mobil Listrik, Kurangi 160 Juta Ton Emisi CO2

ADVERTISEMENT

Toyota Sudah Jual 21 Juta Mobil Listrik, Kurangi 160 Juta Ton Emisi CO2

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 11 Nov 2022 19:34 WIB
Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?
Toyota telah menjual 21 juta mobil listrik di seluruh dunia. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Pabrikan otomotif kondang asal Jepang, Toyota, mengatakan sudah menjual puluhan juta mobil listrik berbagai jenis secara global. Diketahui Toyota telah mengembangkan mobil listrik jenis hybrid (kombinasi bensin dan listrik) sejak 1990-an. Kini produk elektrifikasi Toyota sudah makin berkembang dengan banyaknya pilihan model.

Kendaraan listrik atau elektrifikasi tengah menjadi tren akhir-akhir ini di industri otomotif dunia dan Indonesia. Toyota, sebagai penguasa market mobil di Indonesia ternyata sudah menjual kendaraan elektrifikasi secara global sejak tahun 1997. Hingga kini, jutaan mobil listrik Toyota telah dijual di seluruh dunia dan berkontribusi besar terhadap pengurangan emisi karbon CO2.

"Toyota memulai pengembangan teknologi elektrifikasi secara global di tahun 1997 dengan menghadirkan Toyota Prius. Dan saat ini secara global kita sudah memasarkan tak kurang dari 21 juta kendaraan elektrifikasi dengan berbagai teknologi dan model. Ini setara dengan kontribusi mengurangi setidaknya 160 juta ton emisi CO2 secara global," kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Dalam pengembangan kendaraan elektrifikasi, Toyota memilih strategi multipath-way, di mana Toyota menyediakan pilihan kendaraan dengan teknologi elektrifikasi yang lengkap, mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, dan juga Battery EV.

Kendaraan Elektrifikasi Toyota di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Toyota sudah memasarkan kendaraan elektrifikasi sejak 2009 melalui mobil hybrid Toyota Prius. Jumlah model kendaraan elektrifikasi Toyota makin berkembang, hingga akhirnya Toyota meluncurkan mobil listrik full baterai pertamanya di Indonesia, bZ4X, pada November 2022. Dalam waktu dekat, Toyota juga akan merilis mobil hybrid pertamanya yang sudah dirakit secara lokal di Indonesia.

"Di Indonesia kami mulai memasarkan kendaraan elektrifikasi di tahun 2009 lewat Toyota Prius Hybrid generasi ketiga. Berawal dari 1 model, sekarang kita telah memiliki 14 model, dengan penjualan total hingga Q3 (kuartal 3) ini sebesar 7.021 unit. Setidaknya Toyota Indonesia berkontribusi menurunkan total emisi CO2 hingga lebih dari 7.500 ton atau sama dengan tidak menggunakan lebih dari 2.500 kendaraan dengan mesin konvensional atau ICE," kata Henry.

"Ke depan, Toyota tidak akan berhenti di sini dalam melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi. Secara global, Toyota berkomitmen menghadirkan 30 model baru berteknologi BEV (Battery Electric Vehicle) dengan target penjualan 3,5 juta unit di tahun 2030," sambung Henry.

"Di Indonesia, kami juga terus menghadirkan lebih banyak pilihan model elektrifikasi, baik itu BEV, PHEV, dan Hybrid. Dan kami segera akan memasuki era industrialisasi elektrifikasi untuk model lokal," tukasnya.



Simak Video "Ketika Toyota bZ4X Dites Tabrak Secara Ekstrem, Bagaimana Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT