Motor Listrik Polytron Baterai Disewa Terpisah, Metode Serupa Dijajal Mobil Vietnam

ADVERTISEMENT

Motor Listrik Polytron Baterai Disewa Terpisah, Metode Serupa Dijajal Mobil Vietnam

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 08 Nov 2022 21:10 WIB
Produsen elektronik kenamaan asal Indonesia Polytron kini merambah ke pasar otomotif. Polytron merilis motor listrik terbaru Fox-R.
Polytron Fox-R Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Baterai menjadi komponen yang harganya paling mahal pada motor listrik. Polytron coba membuat skema sewa baterai, artinya konsumen tidak membeli baterai tapi perlu menyiapkan biaya bulanan sebesar Rp 250 ribu. Metode ini sebenarnya pernah diterapkan ke mobil listrik.

Commercial Director Polytron, Tekno Wibowo menjelaskan skema pembelian dengan sewa baterai dirasa lebih menguntungkan dari segi harga jual ke konsumen. Sebab menurutnya harga baterai masih terlampai tinggi.

"Kita pikir ini sebagai solusi yang terbaik, keuntungan pertama harga motor listrik yang kita jual jadi lebih terjangkau, misalnya Evo itu harga otr Rp 28 juta, kalau ini Rp 16,5 juta let's say nanti kalau ada tambahan biaya BBN atau sebagainya paling nambah RP 1,5 juta, kan jadi Rp 18 juta udah ada selisih Rp 10 juta jadi konsumen belinya lebih murah kan," ujar Tekno.

"Kedua konsumen tidak perlu khawatir kalau baterai rusak, cacat, dan sebagainya karena garansi dari pabrik hanya setahun kalau lewat setahun bagaimana? Beli lagi, keluar duit lagi puluhan juta," sambung dia.

"Kalau tidak pakai sistem sewa baterai harga motor dengan baterainya itu bisa sampai RP 35 jutaan, itu memang tantangannya," jelas Tekno.

Metode sewa baterai juga pernah diterapkan pada penjualan mobil listrik VinFast e34. Dicuplik Zing.vn, ini membuat VF e34 jadi mobil listrik dengan harga terendah di pasar Vietnam. VinFast VF e34 memiliki harga VND 690 juta atau sekitar Rp 430 jutaan.

VinFast e34VinFast e34 Foto: VinFast

Namun harga VinFast e34 itu tidak termasuk dengan harga baterai. Konsumen perlu menyewa dengan biaya tetap 1,45 juta VND per bulan (sekitar Rp 600 ribuan) untuk penggunaan jarak maksimal 1.400 km.

Jika melakukan perjalanan lebih dari 1.400 km / bulan sebagai jarak perjalanan standar, pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sebesar VND 998/km (sekitar Rp 600). VinFast menyebut total biaya sewa dan pengisian baterai menjadi VND 1.482 atau sekitar Rp 923/km.



Simak Video "Di Balik Kecanggihan Polytron Mini LED Quantum 85 Inch"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT