Kia Carens di India Kena Recall, Bagaimana yang di Indonesia?

ADVERTISEMENT

Kia Carens di India Kena Recall, Bagaimana yang di Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 13 Okt 2022 20:18 WIB
Kia Carens 2022
Kia Carens (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Tangerang -

Kia baru saja meluncurkan MPV Kia Carens di Indonesia. Mobil ini diimpor utuh dari India. Namun, ada kabar Kia India melakukan recall terhadap Carens yang dijual di sana. Bagaimana dengan di Indonesia?

Kia mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap MPV Kia Carens di India. Penyebabnya, ada masalah pada perangkat lunak (software) airbag.

"Perusahaan melakukan pemeriksaan rutin dan pengujian komponen yang ketat, yang diatur oleh standar global Kia. Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab, perusahaan telah memutuskan untuk secara sukarela menarik kendaraan untuk diperiksa dan jika diperlukan, pembaruan perangkat lunak akan diberikan secara gratis," tulis Kia dalam pernyataannya.

Kampanye penarikan kembali atau recall ini dilakukan oleh Kia India untuk memeriksa potensi kesalahan pada perangkat lunak Airbag Control module (ACU) di Kia Carens. Kia menyebut, perusahaan akan sangat berhati-hati untuk meminimalkan ketidaknyamanan kepada pelanggan selama proses kampanye recall ini.

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, mengatakan sampai saat ini Kia Carens yang dijual di Indonesia masih aman dari recall.

"Sampai hari ini untuk yang ekspor (dari India) belum ada informasi. Kita tanya yang dikirim ke sini bagaimana, so far belum ada informasi. Belum ada yang terdampak," kata Ario saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang.

"Kan kita nggak tahu apakah (yang terdampak recall) yang enam bulan pertama produksi yang sebelumnya di India, kita kan yang baru-baru semua ini," sebutnya.

Menurut Ario, recall Kia Carens di India itu juga cuma untuk pembaruan perangkat lunak. Jika ada unit yang dikirim ke Indonesia terdampak recall, sebelum didistribusikan dipastikan sudah diperbaiki.

"Kan kita sekarang baru sedikit. Kalau sudah dapat informasi ya sebelum delivery pasti udah diberesin. Karena itu software doang," sebutnya.

Penjualan Kia Carens

Kia Carens sendiri baru meluncur di GIIAS pada Agustus 2022 lalu. Ario menyebut, pihaknya baru sedikit mendapatkan unit Kia Carens dari India karena masih terkendala suplai, salah satunya karena krisis chip semikonduktor.

"Kita kan emang nggak gede-gedean. Karena kita tahu kita masih ada kesulitan suplai. Di India juga Carens inden 6 bulan. Jadi kuota kita dibatesin juga," ucap Ario.

"Sejak GIIAS udah kelihatan, bahwa avarage bulanannya 100-200 (unit). Kira-kira dari sejak GIIAS sudah 500-600-an. Kalau delivery, menurut angka Gaikindo kan baru delivery 30-an September. Bulan ini harusnya lebih banyak," sambungnya.

Dia bilang, penjualan Kia Carens dengan mesin 1.500 cc non-turbo 7-seater justru lebih banyak ketimbang versi mesin 1.400 turbo captain seat. Sebab, dari harganya sudah berbeda.

"(Mesin) 1.5 paling banyak 75-80% yang 1.5. Rasanya begitu (karena faktor harga). Karena speknya kan nggak dibedain sama yang 1.4. Cuma beda mesin sama kursi, 7-seater sama 6-seater," katanya.

Kia Carens hadir dengan pilihan mesin berbahan bakar bensin. Kia Carens 1.4L Turbo mengusung mesin Kappa 1.4 Liter (140 PS/242 Nm) dengan imbuhan Turbocharger yang dipadukan dengan transmisi otomatis 7-speed kopling ganda (DCT). Sementara di bawahnya, Kia Carens 1.5L mengusung mesin Smartstream, Gamma II yang berkapasitas 1,5 liter (115 PS/144 Nm) bersanding dengan transmisi Intelligent VT.

Kia Carens dijual Rp 389 juta untuk model 1.5L. Varian ini memiliki kapasitas 7 penumpang. Sedangkan varian Carens 1.4 Turbo dengan opsi captain seat sehingga jadi 6 penumpang saja dijual Rp 449 juta.



Simak Video "Kencan Pertama dengan KIA Carens: Yakin Lawan Innova?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT