ADVERTISEMENT

Spesifikasi Kia Carens, Bisa Jadi Innova Killer?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 26 Agu 2022 20:06 WIB
PT Kreta Indo Artha (KIA) memanaskan lantai GIIAS 2022. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan ini membawa model mobil Internal Combustion Engine (ICE) hingga Battery Electric Vehicles (BEV). Termasuk KIA Carens.
KIA Carens (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kia Carens resmi dijual di Indonesia. Mobil ini bertarung di segmen medium MPV, menantang kedigdayaan Toyota Innova dan lawannya Wuling Cortez.

Kalau bicara desain memang selera, tapi Kia Carens menawarkan tampilan yang segar di segmen MPV medium. Ciri khas bahas desain tiger nose masih terlihat pada Kia Carens ini. Tarikan lampu depan dan belakang yang tajam dilengkapi dengan pencahayaan LED.

Kesan ala SUV juga sedikit terpancar dari Carens, yakni penggunaan cladding hitam di area rumah roda yang masuk dari depan hingga belakang.

Sejatinya Kia Carens sudah dibawa pada pameran Jakarta Auto Week 2022 lalu. Tapi PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegang merek Kia baru memasarkannya pada hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022.

Kia Carens masih diimpor utuh dari India. Sedangkan pengiriman pertama akan dilakukan pada Agustus 2022.

Secara dimensi, mobil keluarga andalan Kia itu memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sedangkan wheelbase-nya mencapai 2.780 mm.

Dari segi fitur hiburan, Kia Carens dibekali layar infotainment sebesar 8 inch. Head Unit itu bisa terintagrasi dengan Apple Car Play dan Android Auto. Selain itu, Kia Carens juga dibekali 8 speaker BOSE Premium.

Soal kenyamanan dalam kabin Carens memiliki sistem ventilasi di area bangku depan, serta sistem pengisian ulang baterai nirkabel. Kia Carens juga dilengkapi port pengisian daya type c di semua baris.

Kia juga memberikan fitur penumpang masuk baris ketiga dengan one-touch E-Tumble yang melipat kursi baris kedua sebelah kiri secara elektrik.

Menariknya, penumpang Kia Carens dimanjakan dengan ambient light dengan mode pilihan 64 warna, plus sunroof dengan mode tilt dan slide.

Kia Carens dipasarkan dalam dua tipe yakni 1.4L Turbo dan 1.5L Natural Aspirated. PT KIA belum menjual opsi pilihan mesin diesel di Tanah Air.

Di atas kertas Kia Carens 1.4L Turbo bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 PS di 6.000 rpm, dan torsi maksimal 242 Nm di 1.500 - 3.200 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi dual clutch tujuh percepatan.

Sedangkan mesin 1.5L bensinnya sanggup memuntahkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan transmisi I-VT.

Kalau melihat kapasitas mesinnya, Carens masih berada di bawah Kijang innnova. Innova bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc.

Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Innova bensin ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Swithcmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

Selain itu, Toyota Innova diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Seperti Innova bensin, Innova diesel hadir dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Swithcmatic, atau transmisi manual 5 percepatan.

Bisa jadi Kia Carens ini mengisi celah di antara segmen LMPV dan MPV medium seperti Innova. Tapi kalau lihat harganya?

Kia Carens dijual Rp 389 juta untuk model 1.5L. Varian ini memiliki kapasitas 7 penumpang. Sedangkan varian Carens 1.4 Turbo dengan opsi captain seat sehingga jadi 6 penumpang saja dijual Rp 449 juta.

Bandingkan dengan Toyota Kijang Innova, saat ini dijual Ro 369,6 juta hingga Ro 471,9 juta.

Well, pantaskah Kia Carens menjadi lawan Kijang Innova?



Simak Video "Kencan Pertama dengan KIA Carens: Yakin Lawan Innova?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT