ADVERTISEMENT

Kia Bawa 5 Mobil Baru di GIIAS, Carens Resmi Dijual Harga Mulai Rp 389 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 11 Agu 2022 14:44 WIB
3 Mobil Baru Kia di GIIAS 2021, Grand Carnival, Seltos GT Line 1.4 Turbo GDI, dan Seltos 1.5 CRDi.
Kia membawa beberapa mobil baru di GIIAS 2022 (Foto: Kia)
Jakarta -

PT Kreta Indo Artha (KIA) memanaskan lantai GIIAS 2022. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan ini membawa model mobil Internal Combustion Engine (ICE) hingga Battery Electric Vehicles (BEV). Termasuk KIA Carens.

Pertama-tama KIA mengumumkan soal penjualan KIA Carens untuk pasar Indonesia. Mobil MPV keluarga ini dijual mulai Rp 389 juta hingga Rp 449 juta.

"Kami secara resmi meluncurkan Kia Carens di Indonesia sebagai MPV keluarga terbaru yang tampil menonjol di kelasnya. Tampilan yang sporty, ruang kabin yang lapang serta berbagai fitur berteknologi tinggi menjadi keunggulan yang ditawarkan dan menyuguhkan perbedaan di kelas MPV keluarga," ujar Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha saat peluncuran di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022).

Sebagaimana saat diperkenalkan di ajang JAW 2022 lalu, Kia Carens hadir dengan pilihan mesin berbahan bakar bensin. Kia Carens 1.4L Turbo mengusung mesin Kappa 1.4 Liter (140 PS/242 Nm) dengan imbuhan Turbocharger yang dipadukan dengan transmisi otomatis 7-speed kopling ganda. (DCT), sementara di bawahnya, Kia Carens 1.5L mengusung mesin Smartstream, Gamma II yang berkapasitas 1,5 liter (115 PS/144 Nm) bersanding dengan transmisi Intelligent VT.

Mobil baru KIA di GIIAS 2022Mobil baru KIA di GIIAS 2022 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Selain memperkenalkan KIA Carens, KIA juga membawa SUV 5 penumpang unggulannya, Kia Sportage. Kia Sportage dijual dengan banderol harga Rp. 735.000.000,- (On the road Jabodetabek), dan konsumen sudah dapat memesan mobil ini untuk dapat diantarkan pada bulan Januari atau Februari 2023.

Di balik kap mesin terdapat mesin Smarstream G1.6 T-Gdi yang berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1,6 liter dengan turbocharger yang mampu menyuguhkan tenaga puncak 180 PS dan torsi 265 Nm yang sudah dapat dikail sejak 1.500 - 4.500 rpm. Mesin ini berpadu dengan transmisi E-Shift 7-Speed DCT yang dapat dioperasikan dengan paddle shift dari balik kemudi.

Mobil Listrik KIA

KIA juga menghadirkan tiga model unggulan dengan teknologi elektrifikasi yang memastikan komitmen KIA terhadap perkembangan teknologi ramah lingkungan bagi pasar otomotif Tanah Air. Namun ketiga mobil yang dibawa KIA itu belum resmi dirilis.

Model pertama yang dibawa SUV Hybrid pertama di kelasnya yaitu Kia Sorento HEV.

Kia Sorento HEV, yang mengusung mesin Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4-silinder segaris berkapasitas 1,6 liter yang telah diimbuhi oleh turbocharger. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 179 PS dan torsi maksimal 264 Nm. Dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 44 kW, maka kombinasi tenaga yang dhasilkan mampu mencapai 230 PS dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm.

Kia Sorento HEV mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 14 kWh. Semua daya tersebut didistribusikan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-speed.

Selain teknologi hybrid, KIA juga menampilkan kendaraan berteknologi full-electric, yaitu Kia Niro EV dan EV6.

Kia Niro EV merupakan sebuah compact SUV yang berteknologi full EV yang mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang mampu menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle).

Lalu model ketiga yang juga ditampilkan KIA adalah Kia EV6 GT-Line. Mobil ini menampilkan sosok yang sporty ditunjang dengan penggunaan motor listrik PMSM yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang).

Motor listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklaim mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP.



Simak Video "KIA Carens Melantai di GIIAS 2022, Harga Mulai Rp 385 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT