ADVERTISEMENT

Resmi! Hyundai Stargazer Akhirnya Meluncur di GIIAS 2022

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 11 Agu 2022 14:21 WIB
Hyundai Stragaze akhirnya resmi meluncur di GIIAS 2022
Hyundai Stargazer resmi meluncur di Indonesia pada ajang GIIAS 2022 (Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

MPV terbaru andalan Hyundai, Stargazer, akhirnya menyapa masyarakat Indonesia secara langsung di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. MPV yang disebut-sebut akan menjadi penantang Toyota Avanza hingga Mitsubishi Xpander ini benar-benar resmi diperkenalkan ke publik.

Hyundai Stargazer sebenarnya sudah diperkenalkan kepada awak media, selain itu dan harga dan spesifikasinya pun sudah diumumkan. Kini, Kamis (11/8), PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) merayakan peluncuran Hyundai Stargazer di lantai pameran GIIAS 2022.

WooJune Cha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan Hyundai Stargazer akan menjadi bintang baru di segmen MPV Indonesia.

"Hari ini di GIIAS 2022, Hyundai ingin memperkenalkan kepada Anda mobil pertama yang dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia dan spesial diproduksi di sini, Indonesia," ujar Woo June Cha.

Meski baru resmi diluncurkan hari ini, Hyundai Stargazer sudah mendapat sambutan positif. Sampai sekarang, jumlah pemesanan Hyundai Stargazer sudah tembus 2.000 unit. Padahal, belum semua dealer Hyundai ada unit display dan test drive-nya. Adapun tipe yang paling banyak diminati adalah Stargazer tipe tertinggi dengan tambahan captain seat.

Hyundai Stragaze akhirnya resmi meluncur di GIIAS 2022Hyundai Stragaze akhirnya resmi meluncur di GIIAS 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Secara desain, dari tampak depan Hyundai Stargazer tampil berbeda dengan kompetitornya. MPV andalan baru Hyundai itu menghadirkan nuansa futuristis.

Hyundai Stargazer hadir dengan Horizontal DRL. Penerapan dari Horizontal DRL menjadi bahasa desain Hyundai Stargazer. Pada bagian belakang, MPV ini juga memiliki Distinctive H Rear Lamp, sebuah inisial dari Hyundai. Hyundai menyebut, lampu H yang simetris melambangkan keseimbangan, kesatuan, dan keharmonisan yang menghubungkan Indonesia dari bagian Timur hingga ke Barat. Desain tersebut menunjukan inovasi Hyundai dalam menggabungkan teknologi dan nilai-nilai emosional.

Hal yang cukup mencuri perhatian adalah desain velgnya. Desain velg Stargzer berbentuk atraktif seperti kipas dengan jumlah baut lima buah. Warna velg itu juga dilabur dengan kelir dual tone. Ukuran velg Hyundai Stargazer menggunakan ring 15 inch untuk varian Active, sementara trim Trend, Style, dan Prime menggunakan ring 16 inch.

Masuk ke dalam interior, Hyundai menawarkan opsi captain seat. Perlu diketahui konsumen perlu membayar biaya tambahan senilai Rp 1 juta untuk pilihan Captain Seat yang tersedia pada varian Trend, Style, dan Prime.

Informasi mengemudi makin jelas dengan adanya layar 4.2 inch TFT Color LCD Cluster. Sementara dari segi hiburan, Hyundai membenamkan layar 8 inch Audio dengan konektivitas smartphone.

Hyundai Stargazer juga memiliki Hyundai SmartSense. Di dalamnya terdapat Forward Collision-avoidance Assist; Lane Keeping Assist: Blind-spot Collision-avoidance Assist; Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist.

Hyundai Stargazer dibekali Hyundai Bluelink, yang bisa mengetahui kondisi terkini kendaraan, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, juga untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Teknologi ini juga akan menyediakan keamanan dan kenyamanan, pelanggan dapat memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking, Stolen Vehicle Immobilization, ACN (Auto Collision Notification), SOS/Emergency Assistance, Roadside Assistance (RSA) serta fitur keamanan lainnya.

Dari segi dapur pacu, Hyundai Stargazer menggunakan mesin 4 silinder, 16 katup, 1.497 cc bensin yang sanggup memuntahkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dan torsi 14,7 kgm (144,1 Nm) di 4.500 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, dan transmisi otomatis IVT (Intelligent Variable Transmision), sama dengan Hyundai Creta.

Berikut Tipe dan harga resmi Hyundai Stargazer (OTR Jakarta):

  • Active MT: Rp 243.300.000
  • Active IVT: Rp 255.900.000
  • Trend MT: Rp 263.300.000
  • Trend IVT: Rp 275.900.000
  • Style: Rp 296.300.000
  • Prime: Rp 307.100.000

Terdapat biaya tambahan senilai Rp1.000.000 untuk pilihan Captain Seat yang tersedia untuk varian Trend, Style, dan Prime. Stargazer juga tersedia dengan pilihan Two-Tone Color dengan tambahan biaya senilai Rp1.500.000 yang tersedia hanya untuk varian Prime.

Sementara itu, selama di GIIAS 2022 Hyundai menampilkan total 25 unit kendaraan. Itu terdiri dari Stargazer, Creta, Ioniq 5, Palisade, Santa Fe, Staria, Stargazer Special Display, Ioniq 5 bertanda tangan Presiden Jokowi, hingga Stargazer X The Punten (hasil kolaborasi seni yang karyanya identik dengan eksplorasi batik). Selama di GIIAS 2022, pengunjung juga dapat mencoba langsung line up mobil Hyundai seperti Stargazer, Creta, Ioniq 5 dan Staria.



Simak Video "Veloz-Xpander Sudah Elektrik, Kok Stargazer Masih Rem Tangan Manual?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT