Sedan Listrik Kecil Toyota Punya Model Mirip Corolla, Dijual Rp 420 Jutaan

ADVERTISEMENT

Sedan Listrik Kecil Toyota Punya Model Mirip Corolla, Dijual Rp 420 Jutaan

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 28 Sep 2022 20:10 WIB
Logo Toyota
Toyota tengah dalam persiapan memproduksi sedan listrik kecil yang punya model mirip Corolla. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Toyota Motor Corp berencana untuk mulai aktivitas produksi sekaligus penjualan sedan listrik kecil dalam waktu dekat di China. Sedan listrik itu bakal menggunakan baterai dari BYD Co Ltd, sebagai bentuk kolaborasi dengan perusahaan China tersebut.

Diberitakan Reuters, sedan listrik bZ3 itu hanya tersedia di China dan dikembangkan sebagai model kedua buah kolaborasi dengan BYD di bawah tagline 'Beyond Zero'. Sebelum bZ3, mobil listrik pertama Toyota yang masuk di China sudah ada bZ4X.



Namun, pada awal tahun, Toyota global melakukan recall pada model bZ4X. Hingga akhirnya, untuk sementara waktu produksi bZ4X dihentikan. Toyota berencana untuk mengenalkan bZ3 yang menggunakan baterai Blade BYD dengan ukuran lebih kecil pada pameran Beijing Auto Show.

Hanya saja, pameran tersebut harus dibatalkan karena pandemi Covid-19. Sejauh ini, Toyota masih enggan berkomentar, termasuk soal nama dari sedan listrik itu.

Sumber menyebut, sedan listrik itu akan memiliki ukuran mirip dengan Toyota Corolla tapi di bagian belakang akan lebih luas. Soal harga, bZ3 masih belum diketahui lebih detail.

Seorang sumber mengatakan sedan listrik tersebut bakal dibanderol seharga 200.000 yuan atau setara dengan Rp 422 jutaan. Bila perkiraan tersebut benar, artinya harga sedan listrik Toyota 30% lebih murah dari Tesla Model 3.

Rencananya bZ3 akan diproduksi di Tianjin dengan kapasitas 30.000 kendaraan per tahun. Produksinya akan dilakukan bersamaan dengan bZ4X. Pabrik tersebut sudah dioperasikan oleh Toyota dan salah satu rekannya, FAW Group.

Sumber ketiga mengatakan tidak ada rencana Toyota untuk melakukan joint venture dengan GAC motor dalam memproduksi bZ3. Konfigurasi sedan bZ3 dengan menggunakan ukuran baterai lebih kecil dipercaya bisa menambah efisiensi ruang kabin.



Simak Video "Ketika Toyota bZ4X Dites Tabrak Secara Ekstrem, Bagaimana Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT