Sedan Listrik Toyota bZ3 Siap Meluncur, Digarap Bareng BYD

ADVERTISEMENT

Sedan Listrik Toyota bZ3 Siap Meluncur, Digarap Bareng BYD

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 28 Agu 2022 15:14 WIB
Toyota bZ3 China
Mobil listrik sedan Toyota bZ3 sudah didaftarkan di China (dok. Autoevolution)
Jakarta -

Era mobil listrik murni Toyota sudah bergulir. Kali ini, Toyota dikabarkan sudah mendaftarkan lini mobil listrik sedan mereka di China dengan nama bZ3.

Dilansir dari Autoevolution, pada Juni 2022 silam, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China merilis gambar paten dari mobil listrik sedan Toyota. Beragam nama muncul untuk menyebut mobil ini mulai dari Corolla Electric, bZ5, hingga umumnya media dunia menyebut dengan Toyota bZ3.

Toyota bZ3 ChinaTampak belakang Toyota bZ3 China Foto: dok. Autoevolution

Menariknya, mobil ini digadang-gadang hasil kolaborasi Toyota dengan beberapa pabrikan pendukung dari China. Diklaim kendati mobil ini menggunakan emblem Toyota dan membawa bahasa desain ala Toyota bZ series, mobil ini punya core dari BYD.

Pada beberapa pemberitaan di media lokal China, Toyota bZ3 ini mengusung baterai dari Fudi LFP yang notabene pabrikan BYD. Selain itu, motor listriknya pun diklaim garapan Fudi Power.

Motor listrik yang digunakan diprediksi model TZ200-XS022 yang diklaim punya tenaga minimum 181 HP dan maksimum 241 HP. Motor listrik ini umumnya dipasangkan ke roda belakang dengan spek pelek R16 atau R18 dan bisa melaju dengan kecepatan hingga 150 kilometer per jam.

Toyota bZ3 ChinaToyota bZ3 China Foto: dok. Autoevolution

Secara basis sebenarnya Toyota punya lini sedan untuk bZ series, yang disebut dengan bZ SDN. Secara bentuk dan postur, bZ3 di China ini cenderung mirip dengan versi konsep bZ SDN.

Autoevolution mencatat, bZ3 ini lebih besar dari Toyota bZ4X yang sudah lebih dulu rilis secara global dan sudah melantai di Indonesia. bZ3 diklaim punya tinggi 1,48 meter dan lebar 1,84 meter.

Hingga saat ini, belum banyak pemberitaan mengenai Toyota bZ3 yang sudah bocor di China. Belum diketahui, apakah ini akan menjadi produk mobil listrik Toyota untuk pasar domestik China saja, atau akan didistribusikan secara global.



Simak Video "Ketika Toyota bZ4X Dites Tabrak Secara Ekstrem, Bagaimana Hasilnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT