ADVERTISEMENT

Puluhan Mobil Listrik Genesis Siap Temani Petinggi Negara di KTT G20 Bali

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 13 Agu 2022 14:30 WIB
Jokowi naik Genesis G80 saat kunjungan kerja ke Batang
Foto: Mobil listrik Genesis G80 bakal jadi mobil petinggi negara KTT G20 (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Jakarta -

Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Dalam KTT G20 yang digelar di Bali, November nanti, para petinggi negara akan menumpangi mobil listrik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, untuk G20 sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang siap menyediakan mobil listriknya. Mobil listrik yang akan digunakan di KTT G20 antara lain Genesis G80 yang dipasok Hyundai, Lexus UX300e yang disediakan oleh Toyota, serta mobil listrik mungil Wuling Air ev.

"G20 nanti akan ada unit dari Hyundai (Genesis G80) yang akan digunakan kepala negara. Kemudian dari Toyota dengan Lexus yang juga akan digunakan oleh para pejabat di bawah presiden. Kemudian ada Wuling EV," ujar Airlangga dalam sambutannya di acara pembukaan GIIAS 2022 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/202).

Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, mengatakan mobil listrik Genesis Electrified G80 akan digunakan untuk kendaraan kepala negara dan istrinya. Selain Genesis, Hyundai juga akan menyediakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

"Kita sediakan Genesis dan Ioniq 5. Ioniq 5 itu 246 (unit), yang Genesis 80-an," ujar Makmur saat ditemui di arena GIIAS, Kamis (11/8/2022).

Dia bilang, KTT G20 ini merupakan ajang internasional yang menjadi momen untuk mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia pun saat ini turut mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

"Jadi di sini support-nya kita untuk bangsa kita. Di mana Pemerintah fokus bagaimana membuat udara jadi lebih bersih. Jadi itu adalah kontribusi dari Hyundai support Indonesia maupun dunia," ucap Makmur.

Ditanya apakah Genesis G80 akan dijual di Indonesia mengingat bakal digunakan di KTT G20, Makmur tidak bisa memastikannya. Menurutnya, Hyundai belum memutuskan untuk menjual massal mobil listrik Genesis di Indonesia.

"Nanti kita lihat lagi ke depannya gimana. Kita belum ada rencana ke sana (menjual Genesis G80 di Indonesia," kata Makmur.



Simak Video "Indonesia Bawa 5 Misi Kesehatan di G20"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT