ADVERTISEMENT

Sah! Lexus UX 300e Kawal Delegasi G20, Sekali Cas Tembus 300 Km

Tim detikOto - detikOto
Rabu, 10 Agu 2022 20:07 WIB
Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?
Lexus UX 300e Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto hari ini (Rabu, 10 Agustus) secara resmi menunjuk PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai salah satu Official Car Partner untuk mendukung mobilitas penyelenggaraan pertemuan negara dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. TAM pun mengutus Lexus UX 300e.

Dalam rilis resmi yang diterima detikOto, mendukung penuh kebutuhan mobilitas pertemuan berskala internasional ini, TAM menghadirkan Lexus UX-300e yang merupakan kendaraan premium dengan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) sebagai bagian kendaraan resmi untuk anggota delegasi dari berbagai negara.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia telah menunjuk Toyota menjadi salah satu Official Car Partner dalam Presidensi G20. Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami dapat berpartisipasi aktif untuk mensukseskan event berskala internasional ini. Pemilihan Lexus UX-300e merupakan bagian dari strategi global dan bentuk komitmen Toyota Group menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi," kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto saat menghadiri pengumuman simbolis oleh Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10 Agustus).

Bicara soal performa mobil listrik mewah asal Jepang ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam pengujian detikOto, Sebagai mobil listrik murni, Lexus membekali UX 300e dengan baterai berkapasitas 54,3 kWh. Di kelasnya, baterai yang digendong oleh SUV compact ini termasuk yang terbesar.

Melihat peta persaingannya, BMW i3s mengusung baterai berkapasitas 42,2 kWh. Sedangkan duo mobil listrik asal Korea Selatan yakni Hyundai Kona EV dan Ioniq EV baterainya berkapasitas 39,2 kWh dan 38,8 kWh.

Lexus mengklaim baterai 54,3 kWh milik UX 300e ini dapat berlari sejauh 300 km. Namun dalam pengetesan kami, di layar instrumen kluster terlihat informasi jarak tempuhnya hanya 275 km dalam kondisi baterai full dan AC menyala. Jika AC dalam kondisi mati, jarak tempuhnya langsung berubah ke 300 km.

Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran? Foto: Andhika Prasetia

Nah! Bicara soal baterai, tentu kita harus buka-bukaan data konsumsi baterainya. Dalam kondisi berkendara harian yang banyak berhenti dan rata-rata di 20 km/jam, UX 300e ini mencatatkan angka konsumsi listrik di 7,8 km/kWh. Sedangkan untuk konsumsi rute tol yang lebih konstan, justru lebih boros, yakni di 6,5 km/kWh.

Jika kita kalkulasikan ke rupiah dengan mengambil biaya 1 kWh listrik rumah tangga adalah Rp 1.444, maka dalam 100 km perjalanan hanya butuh biaya sekitar Rp 144.400. Irit sekali bukan? Apalagi, jika mengingat mobil listrik tak butuh ganti oli dan pajak tahunannya sangat murah. Namun, tentu ada modal besar yang kita butuhkan di awal saat membeli mobil listrik di masa sekarang.

Perlu diketahui untuk urusan harga, per awal 2022 ini, Lexus membanderol UX 300e dengan harga Rp 1,431 M untuk on the road DKI Jakarta.

Dalam rilis resmi Toyota juga menyebutkan Toyota menerapkan strategi multiple pathways untuk meningkatkan kecepatan dan skala dalam mencapai Netralitas Karbon. Toyota menawarkan berbagai pilihan teknologi elektrifikasi yang lengkap mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV) untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang beragam.

Sejak tahun 2009, TAM telah menghadirkan kendaraan elektrifikasi di pasar Indonesia melalui Toyota Prius. Kini, tidak kurang dari 11line-up kendaraan elektrifikasi yang telah TAM hadirkan di Indonesia, di mana hingga akhir bulan bulan Juli 2022 total penjualan line-up elektrifikasi TAM mencapai lebih dari 6.600 unit. Secara global, hingga saat ini, Toyota dan Lexus telah menjual lebih dari 20 juta unit model elektrifikasi di seluruh dunia, membantu mengurangi emisi CO2 hingga lebih dari 160 juta metrik ton.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan serah terima mobil listrik yang dipinjamkan oleh PT Toyota Astra Motor. Nantinya mobil listrik ini digunakan untuk kendaraan pimpinan dan tamu-tamu negara dalam pertemuan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Mobil listrik yang dipinjamkan merupakan jenis Lexus UX 300e sebanyak 143 unit.Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan serah terima mobil listrik yang dipinjamkan oleh PT Toyota Astra Motor. Nantinya mobil listrik ini digunakan untuk kendaraan pimpinan dan tamu-tamu negara dalam pertemuan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Mobil listrik yang dipinjamkan merupakan jenis Lexus UX 300e sebanyak 143 unit. Foto: Rifkianto Nugroho



Sebagai perusahaan mobilitas, TAM berkomitmen mendukung penuh Pemerintah Indonesia untuk mencapai target zero emission pada tahun 2060. Dalam kaitan ini, TAM terus meningkatkan sosialisasi penggunaan kendaraan elektrifikasi salah satunya dengan melakukan proyek percontohan ekosistem kendaraan elektrifikasi (EV Smart Mobility) di Bali dan Toba untuk memberi akses sekaligus mempromosikan teknologi pada kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat luas, termasuk turis lokal dan mancanegara.



Melalui EV Smart Mobility di Bali dan Toba juga diharapkan berdampak positif terhadap upaya pemerintah mengembangkan Eco-Tourism. EV Smart Mobility juga akan menciptakan daya tarik baru bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman Eco-Tourism sehingga dapat berpartisipasi mendukung Pemerintah dalam memulihkan dan mempromosikan 5 destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran? Foto: Andhika Prasetia



Selain meningkatkan popularisasi kendaraan elektrifikasi di pasar mobil nasional, dalam rangka pencapaian target neutrality carbon TAM juga terus meningkatkan standar emisi line-up yang berbasis teknologi Internal Combustion Engine(ICE) ke standar Euro4, baik untuk model bensin maupun diesel. Diharapkan, dengan pilihan teknologi elektrifikasi yang beragam dan lengkap serta teknologi ICE yang rendah emisi, Toyota bisa membantu lebih banyak lagi masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam pengurangan level emisi di Indonesia, sejalan dengan selalu memastikan "Mobility for All" di mana "no one is left behind".

Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran? Foto: Andhika Prasetia


Simak Video "Bisakah Ngecas Mobil Listrik Lexus UX 300e di Rumah Berdaya 2.200 VA?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT