ADVERTISEMENT

Jejak Wuling Bikin Mobil Listrik Murah Diharap Bisa Ditiru Pabrikan Lain

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 10 Agu 2022 15:50 WIB
Wuling Air ev Mulai Diproduksi di Indonesia
Mobil listrik Wuling Air ev diproduksi di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikcom
Jakarta -

Indonesia dipilih sebagai negara pertama yang memproduksi mobil listrik Wuling Air ev. Mobil listrik ini memiliki harga relatif terjangkau dibanding mobil listrik lainnya dengan banderol mulai Rp 250 jutaan hingga Rp 300 jutaan. Pemerintah pun berharap produsen otomotif lain di Indonesia bisa meniru langkah Wuling Motors.

"Saya mengapresiasi peluncuran Air ev, battery electric vehicle yang bisa muat empat orang. Dan ini sudah sepenuhnya diproduksi di pabrik sini, pabrik yang diinvestasikan sebesar sekitar Rp 15 triliun dan tentunya produksi EV ini salah satu yang awal-awal," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di pabrik PT SGMW Motor Indonesia, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding mobil-mobil listrik berbasis baterai lainnya, Airlangga pun berharap Wuling Air ev bisa diterima konsumen Indonesia, khususnya bagi yang mengidamkan kendaraan roda empat elektrifikasi di bawah harga Rp 300 juta. Airlangga juga mendorong kepada pemerintah daerah agar membebaskan pajak mobil listrik supaya harganya lebih terjangkau lagi.

"Tentu dengan (adanya) kendaraan ini diharapkan masyarakat Indonesia bisa menggunakan kendaraan baterai EV dengan harga affordable (terjangkau)," sambung Airlangga.

"Dengan adanya BEV car ini diharapkan emisi menjadi biru dan kota-kota yang semakin banyak menggunakan BEV, tingkat pencemaran lingkungannya akan lebih baik. Dan saya berharap pemerintah daerah akan membebaskan pajak-pajak di daerah, sehingga dengan demikian harganya lebih terjangkau lagi," katanya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong kepada pabrikan-pabrikan otomotif lain di Indonesia agar membuat kendaraan listrik yang harganya bisa dijangkau oleh konsumen Indonesia.

"(Pabrikan lain) kita harap (bisa) mengikuti (apa yang dilakukan Wuling)," ujar Agus.



Simak Video "Mulai Rp 850 Ribuan, Wuling Air EV Ternyata Bisa Disewa Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT