ADVERTISEMENT

Diklaim Buatan Indonesia, Berapa Komponen Lokal Wuling Air ev?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 11:02 WIB
Wuling Air ev
Wuling Air ev. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Cikarang -

Wuling Air ev diklaim sebagai mobil listrik yang diproduksi di Indonesia, untuk Indonesia dan juga dunia. Dirakit secara lokal di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, berapa kandungan lokal mobil listrik Wuling Air ev?

Dijelaskan Vice President Wuling Motors, Han Dehong, saat ini Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Air ev ada di kisaran 40%. Seiring berjalan waktu, angka TKDN ini bakal terus ditingkatkan persentasenya.

"Kita masih CKD (Completely Knocked Down) dan buat lokalisasi (komponen) itu di atas 40%," ungkap Dehong di pabrik PT SGMW Motor Indonesia, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

"Ke depan kita akan meningkatkan lokalisasinya, sesuai arahan dari pemerintah dan juga memenuhi standar dan demand (permintaan) dari market sendiri," sambung Dehong.

Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksi Wuling Air ev. Mobil listrik mungil berkapasitas 4 penumpang ini nantinya tak hanya dijual di Indonesia, tapi akan diekspor ke sejumlah negara.

Saat ini Wuling Air ev dipasarkan dengan estimasi harga Rp 250 juta - Rp 300 juta untuk DKI Jakarta. Mobil ini menawarkan kemampuan jarak tempuh mencapai 200 km (standard range) hingga 300 km (long range).

Terdapat lima pilihan warna yang tersedia untuk Wuling Air ev, yakni peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green, dan lemon yellow.

Wuling Air ev akan diproduksi di pabrik Cikarang dengan kapasitas produksi 10 ribu unit per tahun. Saat ini mobil listrik mungil tersebut diklaim sudah dipesan lebih dari seribu unit.



Simak Video "Mulai Rp 850 Ribuan, Wuling Air EV Ternyata Bisa Disewa Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT