Toyota Vios Berplatform Avanza Siap Masuk Thailand, Indonesia Nyusul?

ADVERTISEMENT

Toyota Vios Berplatform Avanza Siap Masuk Thailand, Indonesia Nyusul?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 28 Jul 2022 19:38 WIB
Toyota Vios terbaru
Cuplikan gambar yang diduga Vios terbaru. (Foto: Youtube Toyota Motor Thailand)
Jakarta -

Toyota Motor Thailand belum lama ini merilis cuplikan video berisi potongan gambar mobil yang diduga Vios terbaru. Santer disebut, Toyota Vios anyar itu siap masuk ke pasar otomotif Thailand pada 9 Agustus 2022.

Vios anyar ini akan hadir dengan versi serba baru. Terlebih kabarnya Vios baru itu akan menggunakan platform yang serupa dengan Avanza, Xenia, hingga Raize. Lalu akankah Indonesia menyusul Thailand dengan mengenalkan Vios terbaru?

"Saya belum bisa komen dulu ya," begitu jawab Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (27/7/2022).

Berkaca dari beberapa peluncuran model mobil sebelumnya, bila telah dikenalkan di Thailand maka tak lama juga dihadirkan di Indonesia. Terlebih model mobil tersebut juga dijual di Indonesia. Tapi lagi-lagi hal itu bisa dipastikan ketika undangan peluncuran sudah disebar.

Sekadar informasi tambahan, Vios anyar kabarnya akan dibekali dua pilihan mesin yakni mesin konvensional empat silinder berkapasitas 1.2L dan 1.5L hybrid. Mengapa hybrid? Karena pemerintah Thailand diketahui memberikan insentif untuk kendaraan elektrifikasi termasuk jenis hybrid. Tak heran mengapa Toyota C-HR dan Honda HR-V terbaru di Thailand hanya tersedia versi hybrid.

Mesin 1.5L hybrid pada Vios terbaru akan meminjam dari Toyota Prius versi Jepang. Mesin tersebut adalah 1.5L Dynamic Force tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga 91 PS dan torsi 120 Nm. Mesin dikombinasikan dengan dua motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga 80 PS dan torsi 141 Nm. Kombinasi mesin hybrid itu juga digunakan pada Yaris versi Eropa dan Yaris Cross. Ini baru pertama kali Vios akan dibekali teknologi hybrid.

Sementara versi mesin konvensional 1.2L disebut hanya akan tersedia untuk pasar Thailand saja. Bila melihat bentuknya dari luar, Vios terbaru ini terlihat lebih besar. Ada juga yang mengatakan Vios terbaru akan dibangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Di Indonesia, platform DNGA sendiri baru-baru ini digunakan pada Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Daihatsu Rocky, dan Toyota Raize. Bodinya bisa jadi terinspirasi dari Daihatsu DN F-Sedan Concept yang dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.



Simak Video "Pakai Mesin City Hatchback RS, Seberapa Irit Honda City Sedan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT