ADVERTISEMENT

Akhirnya! Toyota Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia Tahun Ini

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 19 Jul 2022 18:09 WIB
Toyota Kijang Innova Listrik muncul di IIMS 2022
Toyota Innova versi listrik yang sempat mejeng di IIMS 2022. Toyota memastikan akan melaunching mobil listrik di tahun ini. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Toyota akhirnya mengumumkan rencana peluncuran mobil listrik mereka di Indonesia. Mobil listrik Toyota tersebut dijadwalkan akan di-launching pada tahun 2022 ini.

"BEV pertama dari Toyota akan diluncurkan tahun ini, setelah Lexus di 2020," ucap Wakil Presdir TAM, Henry Tanoto, di Sumatera Utara.

Konfirmasi Toyota untuk meluncurkan mobil listriknya pada tahun 2022 ini mengakhiri tanda tanya besar. Saat banyak pabrikan lain meluncurkan beragam mobil listrik di Indonesia, Toyota tak kunjung merilis BEV-nya.

"Kenapa waktu itu Lexus dulu yang meluncur, karena ketika itu kita melihat memang masalah dari faktor harga dan lain-lain. Kita lihat (Lexus) possible. Tapi sekarang kita akan luncurkan Toyota," lanjut Henry.

Pasar mobil listrik di Indonesia makin panas tahun ini. Hyundai, yang begitu agresif memperkenalkan kendaraan listriknya, memperkenalkan Hyundai Ioniq 5 pada Maret lalu di ajang IIMS.

Yang paling hangat, Wuling menggebrak setelah memamerkan Wuling Air ev. Itu menjadi mobil listrik paling murah di Indonesia yang banderol harganya diperkirakan berada di angka Rp 250 juta sampai Rp 300 juta.

Toyota sebenarnya sudah memperkenalkan konsep mobil ramah lingkungan mereka pada GIIAS lalu. Meski cuma dipamerkan sehari, Toyota Innova listrik bikin heboh dengan kehadirannya di Kemayoran ketika itu.

"Rencananya launching," lanjut Henry menjawab pertanyaan wartawan apakah mobil tersebut akan bisa langsung dipesan atau hanya baru akan diperkenalkan seperti Innova listrik.

Didesak perihal waktu peluncuran mobil listrik tersebut, Henry menolak menjawab. Termasuk apakah mobil listrik tersebut akan diluncurkan di GIIAS pada 11-21 Agustus mendatang.

"Segeralah," jawabnya.



Simak Video "Innova Listrik atau bZ4X, Mobil Listrik Toyota Apa yang Akan Datang Tahun Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT