ADVERTISEMENT

Ngecas Wuling Air ev, Modal Rp 65 Ribuan Bisa Jalan Sampai Cirebon

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 18 Jul 2022 18:06 WIB
Wuling Air ev
Biaya ngecas Wuling Air ev, mulai Rp 45 ribuan. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Untuk ukuran mobil listrik mungil, Wuling Air ev bisa menempuh jarak yang cukup jauh. Selain itu, karena mobil ini full listrik, maka biaya perjalanannya juga cukup ekonomis. Dengan modal Rp 65 ribuan, Wuling Air ev bisa digunakan dari Jakarta hingga Kota Cirebon.

Di atas kertas, Wuling Air ev dibekali pilihan baterai 18 kWh pada varian standard range dan 26,5 kWh pada varian long range. Tipe standard range bisa menempuh jarak 200 km, sementara tipe long range bisa menempuh jarak lebih jauh, hingga 300 km.

detikOto coba melakukan simulasi hitung-hitungan biaya andai berpergian ke luar kota menggunakan mobil listrik Wuling ini. Rumusnya, biaya listrik per kWh x kapasitas baterai (kWh), maka akan ketemu biaya ngecas dari baterai 0% hingga 100%.

Pertama, untuk model Air ev long range, dengan kapasitas baterai 26,5 kWh, maka tarif listriknya yakni Rp 65.587. Dengan kemampuan menempuh 300 km, maka bisa digunakan untuk berpergian dari Jakarta ke Cirebon via jalan tol dengan jarak 217,6 km.

Kedua, untuk model Air ev standard range, dengan kapasitas baterai 18 kWh, maka tarif listriknya yakni Rp 44.550. Dengan kemampuan menempuh 200 km, maka bisa digunakan untuk berpergian dari Jakarta ke Bandung via jalan tol dengan jarak 150 km.

Sebagai informasi, Wuling Air ev resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga estimasi Jakarta Rp 250 juta-Rp 300 juta. Sebelumnya, eksterior Wuling Air ev telah dipamerkan kepada publik secara resmi awal Juni lalu di Central Park, Jakarta.

Wuling Air ev diklaim memiliki beberapa keunggulan, antara lain didukung rangka kokoh, pengisian daya mudah karena dapat dilakukan di rumah, hingga jaminan keamanan baterai di kendaraan.

Kabin Wuling Air ev bisa menampung empat penumpang, dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih. Jok Wuling Air ev juga ditunjang dengan aplikasi Synthetic Leather Seat di seluruh bangku.

Mobil listrik ini didukung penggunaan Intelligent Tech Dashboard di bagian depan yang memadukan panel dan kenop futuristik serta layar antarmuka luas. Pada bagian dashboard ini, ada pula Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling silver yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan menu.

Pada sektor Intelligent Tech Dashboard, Wuling menghadirkan sentuhan kecanggihan lewat Integrated Floating Wide Screen. Area ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25" serta meter cluster berukuran 10,25". Desain yang canggih dan inovatif ditonjolkan dengan kehadiran layar yang luas pada bagian dashboard.



Simak Video "Mulai Rp 5 Jutaan, Ini Skema Cicilan Mobil Listrik Wuling Air EV "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT