Wuling Air ev Bisa Dicas di Rumah, Daya 2.200 Watt Cukup, Kok

ADVERTISEMENT

Wuling Air ev Bisa Dicas di Rumah, Daya 2.200 Watt Cukup, Kok

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 15 Jul 2022 10:44 WIB
Wuling Air ev
Wuling Air ev bisa dicas di colokan listrik rumahan. Rumah dengan daya 2.200 watt sudah cukup. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Wuling Air ev resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga estimasi Jakarta Rp 250 juta - Rp 300 juta. Mobil listrik ini memiliki keunggulan bisa dicas pakai listrik rumah tangga dengan menggunakan charger dan adaptor bawaan. Lalu daya listrik yang dibutuhkan berapa watt ya?

Mobil listrik Wuling Air ev cocok dipakai harian, karena memiliki daya tempuh hingga ratusan kilometer dan waktu pengisian ulang daya baterai yang relatif singkat.

"Untuk tipe standard range, bisa menjangkau 200 km. Untuk tipe long range bisa menjangkau 300 km," terang Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko (13/7/2022).

Wuling Air evWuling Air ev Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Dikatakan Danang, Wuling Air ev bisa diisi dengan daya listrik rumah tangga berkapasitas minimum 2.200 Watt, khusus untuk mengisi daya baterai Air ev saja. Jadi jika daya listrik rumah tangga Anda di bawah itu, maka harus di-upgrade dulu ke PLN ya.

"Mengenai lama waktu pengecasan, dengan daya 2.2 kW: 8,5 - 11 jam (20%-100%). Dengan daya 6,6 kW: yakni 4 jam (20%-100%)," tambah Danang.

Sebagai informasi, Wuling Air ev dibekali dua pilihan kapasitas baterai, tipe standard range kapasitasnya 18 kWh (200 km) dan tipe long range memiliki kapasitas 26,5 kWh (300 km).

Sebelumnya eksterior Wuling Air ev telah dipamerkan kepada publik secara resmi awal Juni lalu di Central Park, Jakarta. Terdapat 5 pilihan warna yang tersedia untuk Wuling Air ev, yakni peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green, dan lemon yellow.

Wuling telah membuka keran pemesanan untuk mobil listrik ini. Estimasi harganya Rp 250 juta untuk standard range dan Rp 300 juta untuk varian long range. Banderol tersebut merupakan harga estimasi wilayah DKI Jakarta.

Wuling Air evWuling Air ev Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Wuling Air ev diklaim memiliki beberapa keunggulan, antara lain didukung rangka kokoh dan dibalut desain eksterior future-tech. Pengisian daya mudah karena dapat dilakukan di rumah juga menjadi salah satu keunggulan dari mobil listrik ini. Wuling pun memastikan keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin, sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan.

Kabin Wuling Air ev mampu menampung empat penumpang, dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih. Aspek kenyamanannya juga ditunjang dengan aplikasi Synthetic Leather Seat di seluruh bangku.

Mobil listrik ini ditunjang penggunaan Intelligent Tech Dashboard di bagian depan yang memadukan panel dan kenop futuristik serta layar antarmuka luas. Pada bagian dashboard ini, ada pula Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling silver yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan menu.

Pada sektor Intelligent Tech Dashboard, Wuling menghadirkan sentuhan kecanggihan lewat Integrated Floating Wide Screen. Area ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25" serta meter cluster berukuran 10,25". Desain yang canggih dan inovatif ditonjolkan dengan kehadiran layar yang luas pada bagian dashboard.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT