ADVERTISEMENT

Mobil Mewah Keponakan Prabowo yang Bakal Dilantik Jadi Wamenkop UKM

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 15 Jun 2022 12:39 WIB
Rahayu Saraswati atau Sara Djojohadikusumo menjalani sesi foto di kantor detikcom
Rahayu Saraswati (Foto: Rachman Haryanto/detikOto)
Jakarta -

Satu dari tiga wakil menteri yang akan dilantik Presiden Joko Widodo ialah politikus Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Menilik sisi lain dari keponakan Prabowo ini, seperti apa pilihan kendaraannya.

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), wanita yang pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Tangerang Selatan ini punya harta Rp 23.771.853.608 (Rp 23,7 miliaran). Harta itu disampaikan pada 20 September 2020 lalu syarat sebagai calon Kepala Daerah.

Nah, khusus isi garasinya. Rahayu Saraswati punya dua unit mobil mewah. Semuanya model Multi Purpose Vehicles (MPV) premium.

MPV Premium yang pertama ialah Toyota Voxy keluaran tahun 2019. MPV ini level dan harganya berada di bawah Alphard atau Vellfire. Mobil perolehan atas hasil sendiri ini ditaksir harganya Rp 400 juta.

Mobil kedua yang dimiliki Rahayu Saraswati ialah Toyota Vellfire. Harga mobil baru ini sekarang tembus di atas Rp 1 miliar. Tapi Vellfire punya Rahayu keluaran tahun 2019, benderolannya ditaksir Rp 900 juta.

Itu merupakan mobil baru yang didaftarkan oleh Rahayu, berbeda dengan LHKPN pada pelaporan 15 April 2019 lalu. Saat itu, dia menjabat sebagai Anggota DPR RI - Periode 2014 -2019 memiliki Alphard 2011, Fortuner 2012, dan Lexus (tidak disebutkan modelnya) 2014. Kini deretan mobil mewah itu tidak terdaftar lagi.

Rahayu Saraswati disebut-sebut akan mengisi kursi Wakil Menteri. Bocoran ini didapat dari salah seorang narasumber detikcom, Rabu (15/6/2022). Rahayu akan dilantik menjadi Wakil Menteri Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah (Wamenkop UKM). Pemberitahuan soal kursi untuk Rahayu kabarnya disampaikan oleh Jokowi dalam pertemuan dengan Prabowo, Selasa (14/6) kemarin sore.

Selain Rahayu, Jokowi akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Satu kursi wamen lain kabarnya akan diisi kader PSI. Nama yang santer disebut adalah eks Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 13.30 WIB siang ini.



Simak Video "Profil Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono, Punya Harta Rp 1,2 T"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT