ADVERTISEMENT

Perjalanan Toyota Kijang 45 Tahun di RI: Buaya, Kapsul, sampai Disetrum Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 10 Jun 2022 16:04 WIB
Kijang Buaya, Mobil Legendaris di Indonesia
Toyota Kijang (Foto: Rangga Rahardiansyah)
Jakarta -

Toyota melahirkan Kijang tepat 9 Juni 1977. Mobil itu kini melegenda Indonesia. Kijang juga terus berevolusi, dari julukan "buaya", ganti gaya menjadi ala "kapsul", hingga terbaru model studi Electric Vehicles (EV).

Sudah 45 tahun, Kijang menemani masyarakat Indonesia. Puluhan tahun bukan waktu sebentar, kesuksesan Kijang juga dibuktikan dengan total penjualandi pasar otomotif nasional sudah menembus angka 2 juta unit.

"Selama 45 tahun, sebagai karya anak bangsa Toyota Kijang berhasil tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Dengan total penjualan melampaui 2 juta unit, Toyota Kijang membuktikan diri sebagai model multi-era yang dapat diterima oleh keluarga Indonesia berkat kemampuannya memahami kebutuhan pasar dan beradaptasi dengan perubahan trend dan teknologi," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangannya dikutip, Jumat (10/6/2022).

Kisah kelahiran Kijang tidak dapat dipisahkan dari program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) yang dicanangkan oleh pemerintah di awal tahun 1970-an.

Toyota mengidentifikasi adanya kebutuhan kendaraan komersil serbaguna berharga terjangkau di negara berkembang dengan menginisiasi project Basic Utility Vehicle (BUV) di tahun 1972. Lahirlah Toyota Kijang pada 9 Juni 1977, nama itu dipilih karena dianggap sesuai dengan konsep KBNS dan BUV, yaitu kendaraan yang 'lincah dan gesit'.

Kijang Buaya, Mobil Legendaris di IndonesiaKijang Buaya, Mobil Legendaris di Indonesia Foto: Rangga Rahardiansyah

Saat pertama kali diperkenalkan, Kijang memiliki ciri-khas tersendiri yaitu posisi mesin yang berada di depan. Sehingga Kijang memiliki 'hidung' alias bonnet. Bandingkan model pick-up dengan mesin di bawah tempat duduk depan. Pada era ini Kijang juga mendapat julukan "Buaya",itu muncul karena kap mesin yang dapat terbuka penuh.

Toyota lalu memproduksi Kijang tipe cab berlantai sebagai platform karoseri yang menjadi basis minibus. Selanjutnya, generasi kedua Kijang yang lahir di tahun 1981 dan menjadi tonggak bersejarah dimulainya era Kijang sebagai mobil penumpang.

Kijang Generasi 3Kijang Generasi 3 Foto: Toyota Astra Motor

Toyota terus berinovasi yang berujung pada hadirnya Kijang generasi ketiga atau 'Kijang Super' mulai tahun 1986. Kijang Super tampil lebih modern, dengan proses manufaktur lebih canggih yang diberi nama Full Pressed Body (FPB) sehingga memiliki kualitas lebih baik. Kijang Super kembali mendapatkan improvement terkait proses perakitan bebas dempul dengan nama Toyota Original Body (TOB) pada tahun 1992.

Kijang Generasi EmpatKijang Generasi Empat Foto: Toyota Astra Motor

Kijang mengalami evolusi besar pada desain dan semakin mengukuhkan posisinya sebagai mobil keluarga Indonesia dengan kedatangan generasi keempat 'Kijang Kapsul' tahun 1997.

Generasi kelima Kijang di tahun 2004 dengan sematan nama baru yaitu Kijang Innova. Ini merupakan Kijang pertama yang fokus hanya sebagai kendaraan penumpang.

Kijang Generasi KelimaKijang Generasi Kelima Foto: Toyota Astra Motor

Kijang Innova terus dikembangkan mengikuti trend dan kebutuhan yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kijang Innova Reborn yang meluncur pada tahun 2015 mulai mengubah tampilan serta posisinya sebagai kendaraan keluarga premium namun tetap mempertahankan DNA Kijang yakni durable, comfortable, dan peace of mind.

Indonesia kembali mendapatkan kehormatan untuk melakukan world premiere Kijang Innova Reborn berkat prestasinya mempertahankan keunggulan Kijang Innova. Pada tahun 2017, Kijang Innova hadir dengan varian baru yaitu Innova Venturer yang dilengkapi dengan tambahan fitur dan aksesoris premium.

Test Drive Toyota Venturer di JakartaToyota Venturer Foto: Dadan Kuswaraharja

Memasuki era elektrifikasi, Toyota memperkenalkan mobil konsep berbasis Kijang yaitu Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.Kijang Innova EV Concept Foto: Agung Pambudhy

"Ke depan, kami akan terus menghadirkan Toyota Kijang supaya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang mengutamakan citarasa premium dan eksklusif sebuah MPV keluarga, serta dilengkapi inovasi teknologi yang advance dan ramah lingkungan," kata Henry.



Simak Video "Siap-siap! Harga Toyota Innova dan Fortuner Naik Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT