Kredit Mobil Terhalang DP Besar? Ini Solusinya

ADVERTISEMENT

Kredit Mobil Terhalang DP Besar? Ini Solusinya

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Jumat, 03 Jun 2022 06:45 WIB
Toyota All New Avanza
Terhalang beli mobil gegara DP kredit terlalu besar? Ada solusinya, kok (Foto: Yudistira Imandiar/detikcom)
Jakarta -

Memiliki mobil baru menjadi sebuah mimpi bagi segelintir orang. Fasilitas kredit menjadi alternatif yang memudahkan untuk mendapatkan mobil impian.

Kredit menawarkan kemudahan untuk membeli barang, termasuk mobil. Dalam memanfaatkan pembiayaan kredit, Anda juga perlu memahami prinsip 5C (Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral) yang biasanya digunakan dalam proses analisa kredit oleh lembaga jasa keuangan.

Pertama, Character atau kepribadian calon debitur yang dicari adalah yang beritikad baik untuk menyelesaikan pembayaran cicilan. Capacity, merupakan kemampuan mengelola keuangan pribadinya, adapun Capital adalah nilai aset yang dimiliki calon debitur.

Sedangkan Collateral termasuk prinsip yang penting karena nilai agunan atau jaminan yang diberikan akan menjadi pengukur apakah pengajuan kredit diterima atau tidak. Terakhir, Condition atau faktor luar yang dapat mempengaruhi, seperti usia peminjam, kondisi ekonomi negara, dan lainnya. Kelima aspek inilah yang perlu Anda pastikan dapat dipenuhi sebelum mendapatkan kepercayaan pinjaman dari pihak kreditur.

Namun, salah satu aspek yang kerap memberatkan saat membeli mobil, yakni tingginya nilai uang muka atau down payment (DP) yang harus dibayarkan. Lantaran hal ini, tak sedikit orang mengurungkan niat membeli mobil baru.

Meskipun ada program DP nol persen yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) untuk mendapatkan mobil baru secara kredit, umumnya dibutuhkan uang muka minimal 25 persen dari harga mobil. Sebagai gambaran, untuk mobil seharga Rp 150 juta, butuh DP plus biaya lain-lain sekira Rp 37,5-40 juta. Nilai tersebut tentunya terbilang besar, sehingga perlu waktu untuk mengumpulkan uang sebanyak itu.

Kesempatan memiliki mobil baru tanpa membayar DP tentu jadi incaran banyak orang. Hal ini akan sangat meringankan, karena pembeli mobil tinggal membayarkan angsuran setiap bulan yang nilainya terjangkau oleh kemampuan ekonomi yang dimiliki. Pertanyaannya, apakah benar-benar ada kesempatan untuk beli mobil baru tanpa bayar DP?

Jawabannya, ada! Kesempatan itu datang dari undian berhadiah SEVA Triple Deal. Ada beberapa periode undian berbeda setiap bulannya, salah satunya 'SEVA Super Deal: #MaydayMadness' yang berlangsung selama 17 Mei - 17 Juni 2022.

Beragam hadiah akan diberikan SEVA dalam periode undian kali ini, salah satunya DP mobil hingga Rp 40 juta. Selain itu, ada juga beragam hadiah lainnya seperti 2 Logam Mulia (masing-masing 5 gram) untuk 2 orang pemenang dan Saldo e-wallet total Rp 6 Juta untuk 12 orang pemenang.

Cara mengikuti program undian tersebut terbilang mudah. Anda cukup mendaftarkan diri di website SEVA dengan mendaftarkan nomor telepon pada link berikut ini. Fitur terbaru SEVA ini membantu para pelanggan untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansialnya, lalu memberikan pilihan mobil baru yang sesuai dengan kemampuan.

Cari tahu Informasi lebih lanjut mengenai Seva Super Deal: #MaydayMadness bisa dilihat pada tautan di sini.



Simak Video "Inilah Warna Mobil yang Paling Diminati di Dunia pada 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT