ADVERTISEMENT

Viral Innova Gagal Nanjak di Dieng Disalip Xenia, Kok Bisa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 31 Mei 2022 14:11 WIB
Viral Innova Gagal Nanjak
Viral Innova Gagal Nanjak di Dieng (Foto: Screenshot Tiktok @deddy.traveler).
Jakarta -

Di media sosial TikTok viral sebuah mobil Toyota Innova gagal menanjak. Padahal, secara spesifikasi Kijang Innova harusnya mudah menaklukkan tanjakan. Kenapa bisa gagal menanjak?

Momen itu diabadikan oleh akun TikTok seorang Travel Influencer @deddy.traveler. Pria dengan nama lengkap Deddy Sulaimawan itu bilang, Toyota Innova tersebut mogok di tanjakan terekstrem di Dataran Tinggi Dieng.

Kepada detikcom, Deddy bercerita bahwa saat kejadian itu dirinya sedang menuju Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Ada dua mobil yang digunakan, satu Toyota Innova, satu lagi Daihatsu Xenia. Innova tampak gagal menanjak sementara Xenia dengan mengambil momentum dari bawah mampu melewati tanjakan ekstrem tersebut.

"Di perjalanan kali ini, pada saat menuju Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa, dua mobil yang membawa para asesor istirahat sejenak di Air Terjun Sikarim yang merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa juga. Dan pada saat di tanjakan terakhir, yang paling tinggi dan menikung tajam, kendaraan pertama, Toyota Innova mogok di tengah tanjakan. Tanjakan tersebut memang menjadi tanjakan terekstrem di Dataran Tinggi Dieng karena medannya yang sulit dan jurangnya yang dalam," ujar Deddy kepada detikcom melalui pesan singkat, Selasa (31/5/2022).

Deddy menyebut, Innova yang tidak kuat menanjak diperkirakan karena beban muatan yang dibawanya. Selain diisi lima orang, di mobil Innova tersebut juga terdapat banyak berkas dan barang-barang yang dibawa.

"Bahkan pada awalnya sebagian barang dari mobil abu-abu (Xenia) dipindahkan ke mobil Innova dengan pertimbangan mobil abu-abu umurnya lebih tua, cc lebih kecil dan tidak fit," ujar Deddy.

Namun, saat di tengah tanjakan mesin Innova tiba-tiba kehilangan tenaga alias ngempos. Sopirnya langsung menarik rem tangan agar mobil tidak meluncur mundur.

"Dan setelah dirasakan aman, driver ingin melanjutkan perjalanan lagi, ternyata rem belakang Innova mengunci sehingga pada saat ingin dijalankan, rem belakang dari roda mengeluarkan asap. Dan akhirnya semua penumpang turun, termasuk semua penumpang dari mobil kedua yang ikut membantu, mengingat medan yang berbahaya dengan jurang yang sangat dalam," jelasnya.

Akhirya, Innova tersebut harus turun perlahan terlebih dahulu untuk mengambil momentum. Mobil itu pun bisa terus menanjak. Sementara mobil Daihatsu Xenia dengan penumpang kosong yang sebelumnya menunggu di bawah berhasil menanjak.

@deddy.traveler Detik - detik Mogok di Tanjakan Terekstrim Dataran Tinggi Dieng menuju Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa #desasembungan #dieng #exploredieng #explorewonosobo ♬ suara asli - travelbydeddy_


Simak Video "Proyek Kijang Innova Listrik Libatkan 100 Teknisi Terbaik Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT