Bocoran Spesifikasi Toyota Innova Listrik, Bisa Tempuh 280 Km

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 26 Mei 2022 09:10 WIB
Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.
Kijang Innova EV Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota Kijang Innova Battery Electric Vehicles (BEV) Concept sempat mengguncang publik dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Spesifikasi mobil listrik Toyota Innova ini perlahan mulai terungkap.

Meskipun mobil ini masih berbentuk mobil konsep untuk studi, namun masih banyak yang penasaran dengan performa dari Innova BEV. Sebab informasinya masih ditutup sejak diperkenalkan ke publik.

Mobil ini dipamerkan dalam seminar bertajuk "100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission" di depan gedung Prof. H. Soedarto, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/5/2022).

Tidak hanya memajang mobilnya, berdasarkan informasi yang diperoleh di lokasi tersebut, ada bocoran spesifikasi dari Innova listrik.

Mobil ini hadir dengan warna serba putih, sentuhan grafis warna biru, serta logo Toyota krom dilapis warna biru. Ciri khas mobil listrik di Innova BEV ini tampak dari bagian grille yang tertutup rapat, yang artinya mobil ini tidak butuh lagi sistem pendingin seperti pada mobil pembakaran dalam atau ICE (Internal Combustion Engine).

Toyota Innova listrikToyota Innova listrik Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

Lantas ketangguhan apa yang bakal ditawarkan Toyota Kijang Innova EV ini?

Dalam amatan detikcom, semua pintu Innova BEV juga dikunci, sehingga cuma bisa mengintip dari jendela. Kap mesin pun juga tidak bisa dibuka. Dari luar jendela, nampak tuas persneling mobil ini sudah diganti dengan tombol-tombol untuk memilih posisi P, R, N, D, dan B.

Pada lembar spesifikasi teknis, mobil ini dibekali baterry pack lithium ion berkapasitas 59,3 kWh dengan motor listrik yang berdaya 134 kilowatt (kW). Lubang pengisian bensin sudah hilang, kini dipasang dua soket untuk mengecas baterai, satu soket untuk pengecas AC Type 2 dan arus DC bertipe CCS 2.

Soal performa Kijang Innova BEV ini bisa menempuh kecepatan maksimal 120 km/jam. Torsinya 700 Nm, dan jarak tempuhnya 280 kilometer. Lama pengecasan dengan charger tipe 45A - 3 Phase atau memakan waktu 4 jam.

Diberitakan detikcom sebelumnya, proyek Kijang Innova BEV concept study car bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi. Lewat produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi.



Simak Video "Proyek Kijang Innova Listrik Libatkan 100 Teknisi Terbaik Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)