Toyota Innova Listrik Mejeng di Semarang, Begini Penampakannya

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 12:03 WIB
Toyota Innova listrik
Toyota Innova listrik mejeng di Semarang. Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)
Semarang -

Toyota Innova Electric Vehicles Concept mejeng di depan gedung Prof. H. Soedarto, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/5/2022). Dalam amatan detikcom, akses masuk mobil listrik konsep tersebut masih terkunci.

Mejengnya Innova EV itu merupakan kolaborasi Toyota bersama civitas akademia Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang dengan mengadakan Seminar Nasional 1 tema "100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission" pada Rabu (25/5/2022). Selain Innova EV Concept, produk elektrifikasi lain yang dibawa Toyota ialah C+pod, Prius PHEV, dan Prius Hybrid.

Aktivitas ini merupakan rangkaian series peluncuran xEV Center yang telah dilaksanakan pekan lalu, 19 Mei 2022. Aktivitas seminar ini merupakan bagian dari upaya mendukung dan mewujudkan cita-cita Pemerintah mencapai target masa depan Indonesia "Bebas Emisi".

"Aktivitas seminar nasional ini harapannya dapat menjadi wadah diskusi komprehensif yang membantu dan mendukung akselerasi Indonesia mencapai target Net-Zero Emission. Hal tersebut tentunya dapat terwujud melalui sinergi bersama antara Institusi Pendidikan, Generasi Muda, dan juga sektor industri khususnya Industri Otomotif nasional," ujar Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Rabu (25/5/2022).

Sekilas tentang kejutan Toyota Innova EV yang dibawa ke Undip, Semarang. Penampilan serta liverynya masih sama dengan yang dibawa Toyota pada gelaran Indonesia International Motor Show (2022).

Toyota Innova listrikToyota Innova listrik di Semarang. Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

Aksen strip warna biru masih terpasang di sekujur tubuh Innova EV, gille depan juga tertutup khas sebuah mobil listrik. Sayangnya, semua pintu juga dikunci, sehingga detikcom cuma bisa mengintip dari jendela. Kap mesin pun tidak bisa dibuka.

Saat diintip dari luar jendela, nampak tuas persneling mobil ini sudah diganti dengan tombol-tombol untuk memilih posisi P, R, N, D, dan B.

Dalam kesempatan sebelumnya, proyek Kijang Innova BEV Concept Study Car ini bertujuan mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission

Paparan seminar nasional akan dibuka oleh Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Ir. Emma Rachmawati, M.Sc. yang akan menjelaskan mengenai komitmen Pemerintah untuk mewujudkan target net-zero emission, serta pencapaian maupun strategi apa saja yang sudah dilakukan oleh Indonesia.

Tuan rumah penyelenggaraan aktivitas perdana seminar nasional yaitu UNDIP akan menghadirkan Kepala Department Perencanaan Kota dan Wilayah Fakultas Teknis Mesin, Prof. Dr. Ing. Wiwandari Handayani ST, MT, MPS akan memberikan perspektif global tentang net-zero emission, komitmen, kontribusi, & pencapaian Indonesia maupun industri yang bisa dilakukan.

Wiwandari juga akan memberikan penjelasan mengenai strategi negara lain yang bisa dijadikan contoh dan tolok ukur yang kemudian dapat diaplikasikan di dalam negeri. Selain itu, peran akademisi melalui penelitian dalam mendukung strategi implementasi target bebas emisi maupun tantangan yang kemudian hari akan dihadapi juga menjadi pembahasan detail yang disampaikan.



Simak Video "Wow! Toyota Kijang Innova Listrik Muncul di IIMS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)