Bukan Cuma di Indonesia, Mobil Listrik Ini juga Laris di Amerika Serikat

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 13 Mei 2022 14:14 WIB
Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS 2022
Bukan Cuma di Indonesia, Mobil Listrik Ioniq 5 Juga Laris di Amerika Serikat (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Sebelumnya mengabarkan penjualan Ioniq 5 cukup fantastis di Indonesia. Ternyata capaian Hyundai di Indonesia ini juga terjadi di Amerika Serikat, bahkan masuk dalam salah satu rekor penjualan terbaik sepanjang sejarah Hyundai Motor America.

"Hyundai Motor America melaporkan penjualan ritel April sebanyak 61.668 unit. Ini merupakan angka penjualan ritel bulan April terbaik kedua dalam sejarahnya. Penjualan ritel kendaraan listrik dari tahun ke tahun meningkat 68% di bulan April," tulis Hyundai Motor America lewat rilis resmi yang mereka publikasikan pada awal Mei 2022.

Randy Parker, Senior Vice President National Sales Hyundai Motor America mengatakan di tengah gempuran krisis pada industri otomotif dunia, Hyundai tetap bisa mencatatkan angka penjualan yang baik. Salah satunya peningkatan penjualan kendaraan mobil listrik.

"Bahkan dengan tantangan yang dihadapi industri kami, kami mampu melampaui penjualan dari saat pra-pandemi dan penjualan ritel April 2019," ujar Parker.

"Terlebih lagi, World Car of the Year IONIQ 5 kami dan jajaran model hybrid dan plug-in hybrid yang kuat menghasilkan peningkatan yang signifikan meningkatkan penjualan kendaraan listrik," lanjutnya.

Dari total 61.668 unit yang terjual oleh Hyundai Motor America, Hyundai Ioniq 5 berhasil terjual sebanyak 2.677 unit. Bahkan sepanjang 2022, mobil listrik yang juga hadir di pasar Indonesia ini, sudah terjual 8.921 unit.

Kendati demikian, model mobil terlaris dari Hyundai Motor America masih dipegang oleh model bermesin konvensional atau internal combustion engine. Tercatat, Hyundai Tucson jadi model terlaris di pasar Amerika Serikat dengan 14.616 unit terjual sepanjang April 2022.

Perlu diketahui, dari data terakhir yang dibagikan oleh Hyundai Motors Indonesia (HMID), penjualan Ioniq 5 di pasar Indonesia sudah mencapai 1.700 unit dalam beberapa pekan sejak peluncurannya. Untuk pasar Indonesia, Hyundai Ioniq 5 yang beredar akan murni dirakit di Cikarang.

(mhg/lth)