Honda Masih Jual Mobilio, Kebanyakan buat Konsumen Borongan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 17 Mar 2022 08:35 WIB
Honda New Mobilio
Honda Mobilio (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), nama Honda Mobilio nihil. Namun, Honda menegaskan masih menjual Mobilio di Indonesia.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, nihilnya nama Honda Mobilio berkaitan dengan produksinya yang ditahan. Penyebabnya adalah krisis chip semikonduktor yang masih melanda industri otomotif.

"Bukannya Mobilio itu disetop, enggak. Kami hanya lebih mengutamakan produksi Brio karena demandnya lebih tinggi. Back ordernya dua sampai tiga bulan sekarang. Dengan adanya limitasi suku cadang kami konsentrasi di yang permintaannya banyak. Jadi mohon maaf untuk Mobilio harus menunggu," ujar Billy di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Menurutnya, Mobilio masih ada peminatnya. Kebanyakan peminat Honda Mobilio adalah segmen konsumen borongan atau fleet.

"Mobilio pasarnya banyak di fleet. Jadi kalau 7 penumpang, kami fokus ke LSUV, yaitu All New Honda BR-V," ucap Billy.

Billy menegaskan, per Maret 2022 ini pihaknya akan kembali memproduksi Honda Mobilio. Diharapkan permintaan pasar terhadap Mobilio akan segera terpenuhi.

"Kami kan selalu melihat back order bagaimana dan permintaan pasar bagaimana. Mohon maaf komponennya (Mobilio) dipakai dulu di Brio. Bulan ini kami akan produksi Mobilio walaupun tidak sebesar demandnya," kata Billy.

Krisis chip semikonduktor ini cukup berdampak pada produksi mobil Honda. Tahun lalu, Honda juga melakukan strategi yang sama, yaitu mengurangi pasokan Mobilio ke dealer dan mengutamakan produksi Honda Brio terlebih dahulu yang permintaannya lebih banyak.

Krisis chip terjadi karena permintaan otomotif mendadak tinggi setelah sebelumnya anjlok karena pandemi COVID-19. Karena krisis chip, waktu tunggu atau inden konsumen yang sudah memesan mobil baru sempat sampai berbulan-bulan.

Sementara itu, Honda Brio yang produksinya diprioritaskan oleh Honda dibanding Mobilio mengalami peningkatan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) yang signifikan. Pada Februari 2022 lalu, Honda menjual Brio sebanyak 5.576 unit, naik dari 4.489 unit pada Januari 2022. Angka itu sekaligus mengantarkan Honda Brio sebagai mobil paling laris di Indonesia pada Februari 2022.



Simak Video "Honda Masih Jual Mobilio Kok, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)