Beli Land Cruiser Harus Inden 4 Tahun! Toyota Minta Maaf

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 21 Jan 2022 19:10 WIB
Jakarta -

Toyota Land Cruiser saat ini tengah mencuri perhatian masyarakat, terlebih model terbarunya diluncurkan resmi di Indonesia. Namun yang ingin mendapatkan mobil tersebut harus bersabar, lantaran daftar tunggunya sampai empat tahun.

Dilansir dari Motor 1, hal tersebut disampaikan langsung oleh Toyota Jepang lewat laman resminya. Dalam pernyataan itu dijelaskan bahwa Toyota meminta maaf kepada konsumen Land Cruiser 300 karena harus sabar menunggu hingga mendapatkan mobil yang diinginkannya.

"Terima kasih banyak telah mempertimbangkan dan memesan kendaraan kami. Land Cruiser telah diterima dengan sangat baik di Jepang dan di seluruh dunia. Kami dengan tulus meminta maaf karena akan memakan waktu lama untuk mengirimkan Land Cruiser kepada konsumen setelah melakukan pemesanan," tulis pernyataan Toyota Jepang.

"Jika Anda memesan sekarang, waktu pengiriman mungkin hingga empat tahun. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersingkat waktu pengiriman ke pelanggan kami," bunyi pernyataan tersebut.

Sebenarnya, hal tersebut tidaklah mengejutkan mengingat sejak tahun lalu ada sejumlah rumor yang mengatakan kalau pemesanan Toyota Land Cruiser akan inden hingga beberapa tahun. Dan sekarang, rumor tersebut terbukti benar dan konsumen harus ikhlas menunggu dengan sabar.

Toyota Land Cruiser 300Toyota Land Cruiser 300 Foto: Doni Wahyudi

Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya pesanan yang membludak baik dari lokal hingga beberapa negara lain. Sejak pertama kali diluncurkan, Toyota melaporkan bahwa Land Cruiser 300 cukup diminati konsumen.

Awalnya, pabrikan asal Jepang itu memprediksi jika waktu inden hanya sekitar satu tahun, namun karena semakin banyak masyarakat yang melakukan pemesanan alhasil SUV mewah ini harus inden sampai beberapa tahun.

Selain faktor pemesanan yang membludak, penyebab inden hingga empat tahun itu diprediksi karena krisis komponen chip semikonduktor yang masih melanda secara global. Hal tersebut sudah terjadi selama beberapa bulan terakhir, membuat kapasitas produksi mobil di pabrik harus dipangkas.

Bicara spesifikasi, Toyota Land Cruiser 300 menggunakan mesin V6D-turbo 3.346 cc. Dengan mesin ini, Toyota Land Cruiser terbaru diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar. Dapur pacu berkode F33AFTV ini sanggup menghasilkan tenaga 309 PS pada 4.000 rpm dan torsi 'brutal' 700 Nm pada 1.600 - 2.600 rpm.

Performa mesin bertenaga ini didukung oleh transmisi 10-speed Direct Shift-10AT yang dapat menyalurkan tenaga mesin lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

Di Indonesia, harga resmi Toyota Land Cruiser 300 dibanderol mulai dari Rp 2.327.800.000 yang merupakan tipe VX-R 4x4 A/T Non Premium Color. Sementara harga paling mahal sebesar Rp 2.381.800.000 merupakan tipe VX-R GR-S 4x4 A/T Premium Color.

(din/din)