Baru Meluncur di Indonesia, Land Cruiser Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 16 Jan 2022 14:18 WIB
Uji Tabrak Toyota Land Cruiser 300
Uji Tabrak Toyota Land Cruiser 300. Foto: Dok. ANCAP.
Jakarta -

Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan All New Toyota Land Cruiser di Indonesia. Namun di luar negeri, mobil gagah tersebut sudah dilakukan uji tabrak. Bagaimana hasilnya?

Dilansir dari Carscoops, Australasian New car Assessment Program (ANCAP), yang merupakan organisasi penilaian kinerja keselamatan mobil, baru-baru ini telah mengeluarkan hasil uji tabrak Toyota Land Cruiser 300. Hebatnya, SUV mewah ini mendapat bintang lima dalam hal keselamatan.

Toyota Land Cruiser 300 mendapat skor 89 persen dalam kategori perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection). Mobil tersebut diuji tabrak dalam beberapa tes seperti side impact, pole oblique, dan far-side impact. Sementara itu, untuk perlindungan penumpang anak-anak (child occupant protection) mendapatkan nilai yang juga mengesankan, yaitu 88 persen.

Lalu, Land Cruiser 300 mendapat skor 81 persen dari ANCAP dalam kategori perlindungan pejalan kaki dan pengendara sepeda. Tak hanya itu, SUV tersebut juga mendapat nilai 77 persen dalam keselamatan kendaraan secara keseluruhan.

Angka tinggi dalam uji tabrak ini tak lepas dari fitur keselamatan berkendara yang disematkan oleh Toyota seperti seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags.

Uji Tabrak Toyota Land Cruiser 300Uji Tabrak Toyota Land Cruiser 300 Foto: Dok. ANCAP

Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Dalam laman resmi ANCAP, bintang lima yang didapat oleh Toyota Land Cruiser 300 merupakan angka tertinggi sejauh ini. SUV mewah tersebut berhasil mengalahkan sejumlah pesaingnya seperti Hyundai Staria, Genesis GV70, hingga Land Rover Defender.

Sedikit informasi, bintang lima yang diberikan ANCAP kepada Toyota Land Cruiser 300 ini berlaku pada seluruh varian Land Cruiser, terkecuali tipe GR Sport yang belum dinilai oleh ANCAP.



Simak Video "Sebentar Lagi Land Cruiser Baru Meluncur, Ini Bocoran Tipe dan NJKB-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)