Mazda Bakal Hidupkan Kembali Mesin Rotary, Kini Lebih Canggih

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 20:28 WIB
Mazda kenalkan mesin rotary terbaru yang diakawinkan dengan mesin rotary.
Mesin Rotary Mazda yang dikawinkan dengan hybrid Foto: doc. Motortrend
Jakarta -

Mazda secara mengejutkan mengajukan hak paten untuk menghidupkan lagi mesin rotary mereka. Akan tetapi yang berbeda kali ini adalah mesin akan dikawinkan dengan sistem hybrid, yang artinya bakal disambungkan dengan motor listrik dan baterai.

Dikutip motortrend, Mazda coba kembali menghidupkan era kejayaan mesin rotary. Akan tetapi, karena terbentur dengan aturan emisi gas buang, Mazda langsung mengambil langkah cepat yakni mengawinkannya dengan motor listrik dan baterai.

Dijelaskan Mazda mengajukan hak paten mereka pada Juni 2021 dan diterbitkan pada 5 Januari 2022. Mazda menjelaskan mesin rotary lebih cocok untuk tata letak hibrida daripada unit ICE atau mesin konvensional yang digerakkan oleh piston tradisional.

Karena lebih ringkas, mesin rotari dapat masuk ke ruang yang lebih kecil dengan motor listrik yang digabungkan langsung ke poros eksentrik. Untuk mendinginkan dan melumasi mesin serta motor, oli akan berbagi dengan cairan pendingin dalam sistem pengaturan yang khusus. Tenaga ke motor masih akan datang juga dari baterai yang terletak di dalam ruang kabin kendaraan.

Mazda kenalkan mesin rotary terbaru yang diakawinkan dengan mesin rotary.Mazda kenalkan mesin rotary terbaru yang diakawinkan dengan mesin rotary. Foto: doc. Motortrend

Selanjutnya, pada ilustrasi dan deskripsi patem menunjukkan bahwa ada poros baling-baling yang mengarah dari output motor listrik ke transmisi yang terletak di poros belakang, mengisyaratkan konfigurasi transaxle dalam paten itu.

Ini akan memungkinkan Mazda untuk menempatkan seluruh tenaga di belakang as roda depan dan drivetrain di depan as roda belakang. Itu akan menempatkan semua bagian terberat di tengah sasis untuk keseimbangan yang lebih baik dan akan memiliki gangguan kabin minimal dari seluruh pengaturan.

Sayang tidak dijelaskan kapan Mazda akan benar-benar memperlihatkan mesin rotary terbaru mereka ini, atau akan terselip pada model apa. Meski demikian kabar ini menjadi angin segar bagi penggila mazda.



Simak Video "CR-V dan Almaz Harus Waspada! Mazda CX-5 Baru, Belum Sebulan Laku 800 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)