Jegal Hyundai Creta, Toyota Siapkan SUV Baru dengan Kode D22

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 16:56 WIB
Hyundai Creta
Ilustrasi Hyundai Creta yang dipasarkan di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Toyota tengah menyiapkan SUV baru untuk menantang Hyundai Creta di India. Diberi kode D22, SUV generasi baru Toyota ini merupakan hasil kerja sama dengan Suzuki. Seperti apa detailnya?

Hyundai Creta menjadi salah satu produk laris di segmen SUV mid-size di pasar India, dengan penjualan rata-rata 9.600 unit per bulannya di tahun 2021. Creta lebih laris dari model Kia Seltos, Mahindra Scorpio, Volkswagen Taigun, dan beberapa SUV mid-size lainnya.

Tidak ingin melihat Hyundai Creta melenggang sendirian, Toyota bersama Suzuki dikabarkan tengah menyiapkan amunisi anyar untuk menantang Hyundai Creta. Dikutip dari India Times (18/1/2022), calon SUV baru hasil kolaborasi itu diberi kode D22 (untuk Toyota) dan YFG (untuk Suzuki).

Agar bisa mendobrak dominasi Creta, Toyota tidak ingin tanggung-tanggung dalam merancang SUV D22. Oleh sebab itu, SUV tersebut akan langsung pakai mesin hibrida yang merupakan gabungan mesin konvensional pembakaran dalam, serta baterai dan motor listrik penggerak.

Toyota RumionToyota memiliki hubungan harmonis dengan Suzuki. Kedua pabrikan ini kerap kerja sama menjual produk yang sama, namun dengan brand berbeda, contohnya seperti Suzuki Ertiga yang di-rebranding menjadi Toyota Rumion. Foto: Dok. Toyota South Africa

Disebutkan jika sepertiga produksi Toyota D22 dan Suzuki YFG akan mengusung mesin hybrid, sementara sisanya tetap menggunakan mesin konvensional.

Toyota Kirloskar Motor selaku APM Toyota di India berencana memproduksi setidaknya 200 ribu unit SUV tersebut dalam beberapa tahun ke depan di pabrik Bidadi, Bengaluru. Di fasilitas tersebut sebelumnya digunakan untuk perakitan hatchback Yaris.

Di tahun fiskal berikutnya yang akan dimulai April 2022, Toyota Kirloskar Motor berencana memproduksi 45 ribu unit SUV D22 dan YFG (Suzuki). Selain itu, Toyota India juga akan memproduksi 77 ribu unit Innova dan Fortuner.

Tidak hanya crossover penantang Creta, Toyota Kirloskar Motor juga tengah menyiapkan satu produk mobil baru lagi dari segmen kendaraan multiguna dengan kode 560B.

(lua/rgr)