Penjualan Daihatsu Melonjak di 2021, Nomor Satu Bukan Xenia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 13 Jan 2022 18:45 WIB
Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT ASA ADS
All New Daihatsu Xenia (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Penjualan kendaraan Daihatsu di 2021 mengalami kenaikan signifikan, hal ini tidak lepas dari program diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditetapkan oleh pemerintah. Meski begitu, justru kendaraan niaga yang jadi jagoan Daihatsu, bukan Xenia.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, tahun 2021 Daihatsu berada di posisi kedua dalam hal market share. Dengan capaian tersebut maka Daihatsu telah berhasil mempertahankan urutan kedua merek mobil terlaris di Indonesia selama 13 tahun berturut-turut, hanya kalah dari Toyota..

Untuk kategori mobil apa yang paling laris justru datang dari kendaraan komersial.

"Untuk kontribusi model Daihatsu yang paling laku datang dari GranMax Pick Up dengan menyentuh angka 39 ribu unit di tahun lalu," kata Hendrayadi dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/1/2022).

Menurut Hendrayadi, penjualan kendaraan komersial yang mengalami peningkatan di tahun lalu disebabkan banyaknya konsumen yang membutuhkan model tersebut, termasuk dari kalangan pengusaha. Terlebih saat situasi pandemi sudah mulai turun, banyak konsumen yang mulai membeli kendaraan komersial mulai meningkat.

Angka penjualan tertinggi kedua ditempati oleh Daihatsu Sigra. Mobil di segmen LCGC berkapasitas 7 penumpang ini meraih total penjualan hingga 38.300 unit di 2021.

Lalu untuk kendaraan penumpang seperti Daihatsu Xenia baru mencapai 11.400 unit pada tahun 2021. Angka ini disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya karena peluncuran All New Daihatsu Xenia pada Desember lalu.

Daihatsu xenia baru di ruang pamer Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten,Daihatsu xenia baru di ruang pamer Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Foto: CNN Indonesia/ Rayhand Purnama

"Karena tahun lalu kita mau ganti model dan sekitar 1,5 bulan kemudian baru dirilis Xenia yang baru pada bulan Desember. Jadi penjualan Xenia masih didominasi oleh model lama," ungkapnya.

Namun, ia tak menyangkal jika penjualan mobil Daihatsu di 2021 juga dibantu oleh beberapa model terbaru, seperti small SUV Daihatsu Rocky.

"Tapi untuk beberapa model terbaru juga menyumbang kontribusi bagi penjualan Daihatsu, seperti Rocky yang sudah diluncurkan sejak April 2021," jelas Hendrayadi.



Simak Video "Mesin Tiga Silinder Jadi Pilihan Avanza-Xenia Generasi Baru? Ini Kata Daihatsu"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)