Canggih! Mobil Toyota Bisa Tahu Sopir dan Penumpang Kebelet Pipis

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 31 Des 2021 16:30 WIB
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling.
Ilustrasi kebelet Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kebelet pipis jadi salah satu momok yang dikhawatirkan ketika mengalami perjalanan. Toyota berinovasi dengan menyiapkan teknologi antisipasi kebelet pipis saat berada di dalam mobil.

Dikutip dari Carbuzz, Jumat (31/12/2021) teknologi ini belum diterapkan pada mobil Toyota, tapi baru didatarkan hak paten dan merek dagang Amerika Serikat (AS). Fitur mobil ini disinyalir akan tersemat pada Camry dan Highlander.

Fitur antisipasi kebelet pipis ini berisi di dalam dokumen 21 halaman. Toyota sudah mengidentifikasi sinyal yang menunjukkan gejala penumpang dalam kabin hendak buang air kecil atau besar.

Ada dua area yang mendeteksi gejala buang air tersebut, pertama melibatkan sensor di kursi, dan sistem kamera untuk melacak ekspresi wajah.

Yang pertama sensor di dalam kursi, menggunakan echogram atau ultra-suara yang dapat mendeteksi keberadaan kotoran di saluran pencernaan. Lalu sensor gas yang dapat mendeteksi frekuensi dan komponen kentut untuk menentukan apakah Anda perlu ke toilet.

Selain itu ada juga sensor otot yang mendeteksi gerakan di kursi yang biasanya otot-otot akan menegang ketika sedang kebelet pipis.

Sementara dari deteksi sistem kamera akan menggunakan Artificial Intelligence (AI). Sistem akan menganalisisi ekspresi wajah, dan menentukan apakah ekspresi wajah itu mengharuskan untuk berhenti.

Sistem tersebut akan memberikan informasi kepada gaya berkendara si pengemudi. Sopir diperingatkan agar membuat penumpang terasa lebih nyaman di mobil.

Selain itu, akan terjadi perubahan rute untuk mencapai toilet terdekat. Teknologi ini dapat diimplementasikan baik pada kendaraan otonom maupun yang dikemudikan pengemudi.

Selain itu, paten mengklaim bahwa itu bahkan dapat memprediksi kemacetan di tempat pemberhentian, dan memilih antrian yang sedikit untuk menggunakan toilet.

Menariknya lagi, navigasi akan memilih jalan yang lebih mulus, sedikit tikungan dan belokan untuk mengurangi ketidaknyamanan bagi mereka yang sedang kebelet pipis. Saat ini terjadi, pengatur suhu akan menyesuaikan untuk kenyamanan maksimal.

Wah, menarik nggak detikers kalau diterapkan di mobil-mobil Toyota?



Simak Video "Pakai 'Mobil Balap' untuk Harian, Berapa Konsumsi Bensin Toyota GR Yaris?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)