Sinar Mas Akhiong, Bengkel Spesialis Kaki-kaki: dari Avanza hingga Ferrari

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 31 Des 2021 07:31 WIB
Bengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas Akhiong
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Bengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas Akhiong.
Bekasi -

Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian penting di mobil. Jika kaki-kaki mobil sudah bermasalah, biasanya akan memberi dampak ke kenyamanan berkendara. Maka itu, inspeksi atau pemeriksaan berkala menjadi hal yang wajib dilakukan.

Memeriksa kondisi kaki-kaki mobil tidak harus di bengkel resmi, sebab biasanya akan memakan waktu lama. Oleh sebab itu, bengkel umum atau bengkel spesialis bisa menjadi pilihan kamu. Untuk bengkel kaki-kaki mobil, salah satu rujukannya adalah Sinar Mas Akhiong.

Bengkel kaki-kaki mobil Sinar Mas Akhiong berlokasi di Jl. KH. Noer Ali, No. 1E, Jakasampurna, Grand Kota Bintang, Bekasi. Bengkel ini melayani seluruh perawatan dan perbaikan kaki-kaki mobil, dari mobil Jepang, mobil Eropa, bahkan hingga supercar seperti Ferrari dan Lamborghini.

Bengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas AkhiongBengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas Akhiong Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Ini bengkel sudah berumur 37 tahunan. Di Bekasi sudah jalan 10 tahunan. Semua jenis mobil kami tangani, dari BMW, Mercy, semua merek mobil Jepang, mobil Korea Selatan, terus mobil Malaysia Proton, termasuk juga mobil-mobil seperti Ferrari," bilang sang pemilik bengkel, Akhiong, ditemui detikOto di Bekasi, Kamis (30/12/2021).

Soal besaran biaya servis, Akhiong menjelaskan jika ongkosnya bervariasi tergantung kerusakan, sebab tidak semua komponen kaki-kaki mobilnya diganti. Tujuannya, supaya konsumen tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Di samping itu, Akhiong juga menawarkan part-part yang dibuatnya sendiri, seperti per dan bushing.

"Jadi kita lihat dulu kerusakannya apa. Kalau hanya tie rod, long tie rod, ring stabil, dan support, kalau kayak Honda BR-V itu paling habis Rp 2.800.000-Rp 3.000.000 udah kelar semua," sambung Akhiong.

Bengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas AkhiongBengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas Akhiong Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Biaya yang kurang lebih sama juga berlaku untuk model low MPV laris seperti Toyota Avanza. "Kalau Avanza tergantung. Kalau di luar rack steering, kayak long tie rod, tie rod, link, bushing arm, karet stabil, paling habis Rp 3.000.000. Sama kayak yang lainnya (Xpander, Ertiga)," jelas Akhiong.

Sementara untuk mobil-mobil Eropa seperti BMW, ongkos perbaikannya lebih besar. "Kayak BMW paling habis Rp 5 jutaan, mulai dari long tie rod, tie rod, ganti baru," katanya lagi.

"Supercar kadang kita terima (servis kaki-kakinya). Itu biasa main di per dan bushing-nya. Kalau per itu agak lumayan di Rp 22 jutaan. Pernya kita mainin supaya bisa lebih stabil lagi," sambungnya.

Bengkel Sinar Mas Akhiong juga menerima servis kaki-kaki mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) seperti Toyota Calya, Daihatsu Ayla, serta Honda Brio.

(lua/din)