Ini Robot Penjaga Keamanan Pabrik Hyundai yang Sudah Ada di RI

Nurcholis Maarif - detikOto
Kamis, 25 Nov 2021 10:39 WIB
Robot Spot Hyundai
Foto: Hyundai Motor Group
Jakarta -

Hyundai Motor Group menggandeng Boston Dynamics membuat 'robot pemantau keamanan pabrik'. Sebagai percontohan, robot yang akan mendukung keselamatan industri itu sudah diterapkan di pabrik Kia yang menjadi bagian dari Hyundai Motor Group di Korea Selatan.

Robot berkaki empat bernama Spot ini dibekali dengan kecerdasan buatan terapan (AI), navigasi otonom, teknologi teleoperasi, dan muatan komputasi (Unit Layanan Pemrosesan AI) yang dikembangkan oleh Lab Robotika Grup untuk penggunaan robot dalam berbagai tugas industri.

"Robot layanan keamanan pabrik adalah proyek kolaborasi pertama dengan Boston Dynamics. Robot akan membantu mendeteksi risiko dan mengamankan keselamatan orang-orang di lokasi industri," kata Kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai, Dong Jin Hyun dikutip dari situs resmi HMG, Kamis (25/11/2021).

"Kami juga akan terus menciptakan layanan cerdas yang mendeteksi bahaya di lokasi industri dan membantu mendukung lingkungan kerja yang aman melalui kolaborasi berkelanjutan dengan Boston Dynamics," imbuhnya.

Ia menjelaskan dengan adanya kamera termal yang terintegrasi dengan LiDAR 3D, robot itu mampu mendeteksi orang di sekitarnya. Selain itu, robot juga bisa memantau situasi suhu tinggi dan potensi bahaya kebakaran dan melihat apakah pintu terbuka atau tertutup.

Robot itu juga dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui streaming langsung dan dapat memantau pergerakannya di sekitar pabrik, yang memungkinkan personel kantor untuk mengamati area industri dari jarak jauh. Teknologi AI di dalamnya memungkinkan robot mendeteksi bahaya dan mengirim alarm ke manajer secara real-time.

Berdasarkan fungsi-fungsi ini, robot menyediakan berbagi foto situasi di tempat secara real-time dan log aktivitas dengan pusat kendali serta mendukung respons cepat dalam keadaan darurat dengan membunyikan alarm di halaman web kontrol. Manajer dapat beralih ke operasi jarak jauh manual kapan pun diperlukan untuk melihat lebih dekat lokasi industri penting.

Hal ini juga memungkinkan untuk menghubungkan beberapa robot layanan keamanan pabrik ke sistem kontrol untuk memeriksa berbagai zona secara bersamaan. Sebab robot berkaki empat ini mampu menavigasi melalui ruang sempit serta mengidentifikasi area buta yang sulit dilihat dengan mata manusia.

Lebih lanjut ia menjelaskan berdasarkan pengalaman Hyundai Motor Group dalam pengembangan robot, robot pemantau keamanan pabrik ini sudah ditingkatkan dan cocok untuk layanan patroli otonom dalam lingkungan industri, termasuk manajemen tugas dan teknologi visi berbasis pembelajaran mendalam.

"Melalui operasi percontohan di pabrik Kia di Korea Selatan, Hyundai Motor Group akan menggunakan robot untuk mendukung patroli keamanan larut malam dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi para pekerja. Hyundai Motor Group juga akan memeriksa bukti konsep robot dan menilai keefektifannya serta penerapannya sebelum memperluas area patroli dan meninjau penyebaran tambahan ke lokasi industri lainnya," ujarnya.

Akan Dibawa ke Indonesia?

Melalui Hyundai Motors Indonesia, Hyundai Motor Group sedang membangun pabrik di Cikarang yang sudah memasuki tahap akhir dan bisa memproduksi mobil pada akhir tahun 2021. Namun, belum ada keterangan resmi apakah robot layanan keamanan pabrik itu juga akan diterapkan di pabrik Indonesia tersebut.

Hanya saja, dalam kampanye kampanye terbarunya 'Driving Meaningful Innovation', Hyundai tak hanya ingin mendirikan pabrik di Indonesia, tetapi juga membawa terobosan dan inovasi ke pasar otomotif Indonesia. Salah satunya membawa robot yang sama bernama Spot, tetapi dengan fungsi yang berbeda.

Robot Spot yang dibawa Hyundai sudah dipamerkan di beberapa pameran dan outlet resmi Hyundai untuk menyapa pelanggan. Di YouTube resminya, robot ini juga mendemonstrasikan sebuah tarian menggunakan lagu single BTS yang berjudul 'IONIQ: I'm On It.

Selengkapnya tentang Hyundai di Indonesia cek di sini.



Simak Video "Xenobot, Robot Pertama di Dunia yang Bisa Bereproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)