Misi Hyundai Pamerkan Robot Pintar di Indonesia

Nurcholis Maarif - detikOto
Kamis, 18 Nov 2021 21:22 WIB
Robot Hyundai Spot, Bisa Tiru Dance ala BTS
Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto
Jakarta -

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengandalkan Spot, sebuah robot pintar berkaki empat dari Boston Dynamics untuk menyapa pelanggan Indonesia. Spot biasanya hadir di pameran dan outlet resmi Hyundai.

President Director of HMID, SungJong Ha mengatakan b

"Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021).

"Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," imbuhnya.

Diungkapkannya, transformasi strategis di tingkat global dari Hyundai selaku Smart Mobility Solution Provider akan mengangkat layanan mobilitas saat ini ke tingkatan selanjutnya demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi para pelanggan. Dengan adanya kolaborasi antara Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics ini, Hyundai telah mengambil langkah besar lainnya dalam mewujudkan mobilitas masa depan.

Hyundai melihat bahwa robotik memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas kehidupan di dunia kerja, di rumah, dan di manapun, dengan cara menghadirkan dukungan lebih bagi masyarakat luas. Melalui sinergi ini, Hyundai Motor Group ke depannya akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility.

Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Keempat kaki Spot bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda.

Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

Spot juga telah ditampilkan dalam sebuah video dari Hyundai di mana robot cerdas ini mendemonstrasikan sebuah tarian menggunakan lagu single BTS yang berjudul 'IONIQ: I'm On It,' yaitu sebuah lagu yang menyemarakkan peluncuran merek kendaraan listrik spesial dari Hyundai, IONIQ Electric.

Melalui video tersebut, Hyundai secara global turut ingin merayakan masuknya Hyundai ke dalam lini bisnis robotik dengan cara mengkombinasikan beragam elemen robotik ke dalam kegiatan sehari-hari.

Spot juga merupakan bagian dari kampanye 'Driving Meaningful Innovation' yang mulai dikampanyekan Hyundai Motors Indonesia melalui akun resminya. Melalui kampanye ini, perusahaan asal Korea Selatan itu tak hanya ingin mendirikan pabrik mobil saja di Indonesia, tetapi juga membawa berbagai terobosan teknologi dan inovasi ke pasar otomotif Indonesia.

Selengkapnya cek di sini.

(ncm/ega)