Hyundai Creta Buatan Karawang Jadi Pusat Perhatian di GIIAS 2021

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 18 Nov 2021 17:16 WIB
Hyundai Creta
Hyundai Creta. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Hyundai Creta buatan Indonesia menjadi salah satu model anyar yang menarik minat pengunjung GIIAS 2021. Mobil SUV kompak penantang Honda HR-V ini menjadi magnet dan diserbu para pengunjung pameran yang penasaran.

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menampilkan banyak merek debutan. Salah satu yang mencolok adalah merek Hyundai. Mengklaim diri sebagai merek dengan booth terbesar di GIIAS 2021, Hyundai memamerkan sejumlah produk andalan, contohnya Hyundai Creta.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Sebagai informasi, Hyundai Creta merupakan produk pertama PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang diproduksi di pabrik Karawang, Jawa Barat. Mobil ini mengusung gaya SUV kompak dengan kapasitas 5 penumpang.

Hyundai Creta menjadi salah satu magnet di ajang GIIAS 2021. Pantauan detikOto, Kamis (18/11) sekitar pukul 13.30 WIB, Hyundai Creta warna merah yang dipajang di etalase cukup ramai dikunjungi oleh konsumen.

Tampak ada pengunjung yang melihat-lihat bagian interiornya dan mencari tahu fitur-fiturnya, serta ada pula pengunjung yang sedang berbincang-bincang dengan wiraniaga dealer Hyundai.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: Ridwan Arifin

Untuk diketahui, Hyundai Creta dijual dalam empat varian, yakni Active, Trend, Style, dan Prime. Salah satu fitur utama yang ada di mobil ini adalah fitur Smartsense, terdiri dari High Beam Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, Manual Speed Limit Assist, Lane Keeping Assist, Driver Attention Assist
Driver Rear View Monitor, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Safe Exit Warning, dan Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist.

Beberapa fitur keselamatan lain yang sudah dimiliki pada seluruh varian meliputi Anti-Lock Braking System, Electronic Stability Control, Brake Assistant System, Vehicle Stability Management, Hill-Start Assist Control, Emergency Stop Signal, Speed Sensing Auto Door Lock, Impact Sensing Auto Door Unlock, Child Protector Rear Door Unlock, Immobilizer, 2 Airbag trim Active dan Trend, 6 Airbag varian Style dan Prime.

Hyundai Creta ditenagai mesin bensin Smartstream 1.5L dengan sistem transmisi manual 6-percepatan, Intelligent Variable Transmission (IVT). Di atas kertas, mesin itu bisa memuntahkan tenaga maksimum hingga 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimum 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Harga Hyundai Creta mulai Rp 279.000.000 (Active 6-Speed MT) hingga termahal Rp 399.000.000 (Prime IVT Two Tone Roof). Harga tersebut berstatus OTR atau on the road Jakarta dan tidak mendapatkan relaksasi PPnBM 100%.

(lua/din)