Banyak Orang Berduit: GIIAS Dikunjungi 293.252 Orang, Ribuan Mobil Terjual

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 24 Nov 2021 07:14 WIB
Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 resmi dibuka, Kamis (11/11). Hari ini, antusiasme warga untuk melihat-lihat mobil terbaru sangat tinggi.
Ratusan ribu pengunjung hadir di GIIAS 2021. Ribuan mobil laku terjual. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 seakan membuktikan bahwa orang Indonesia memiliki keinginan untuk membelanjakan uangnya. Sebab, ribuan mobil baru yang dipajang di GIIAS 2021 laku.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengungkapkan penyelenggaraan GIIAS kali ini telah memuaskan semua pihak.

"Dapat terlihat bahwa semua pihak merasa senang dengan penyelenggaraan dan pencapaian pada GIIAS tahun ini. Pengunjung happy karena ada banyak produk dan teknologi terkini yang diperkenalkan, para peserta happy karena GIIAS 2021 ini dapat menjadi pendorong pencapaian mereka, dan yang penting juga adalah GAIKINDO dapat menunjukkan kepada semua pihak termasuk Pemerintah, prestasi dari industri otomotif Indonesia," tutur Nangoi.

Menurutnya meski GAIKINDO tidak pernah menetapkan penjualan sebagai target pada GIIAS, saat ini pencapaian dari seluruh peserta akan menjadi faktor penting pendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

GIIAS 2021 juga masih menjadi magnet bagi para pengunjung. Meski dalam kondisi pandemi dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaraan GIIAS tercatat sangat tinggi.

Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO, sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2021 menyebutkan bahwa dengan perubahan status PPKM wilayah Kabupaten Tangerang menjadi level 1 jelang pameran berlangsung, turut meningkatkan angka pengunjung sesuai dengan batas kapasitas pengunjung maksimal, sebanyak 75% dari total area tempat penyelenggaraan.

"Sejak awal, penyelenggaraan GIIAS 2021 mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat, pengunjung antusias hadir di area pameran dan mempersiapkan diri dengan syarat serta ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan. Puncaknya adalah setelah Bapak Joko Widodo hadir, tentu saja menimbulkan publikasi yang cukup luar biasa sehingga pengunjung yang datang terus-menerus meningkat," jelas Rizwan.

Sebanyak 293.252 pengunjung tercatat hadir sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2021. Rizwan menjelaskan bahwa potensi pengunjung sebenarnya dapat lebih besar dari angka tersebut, namun GAIKINDO tetap memberikan batasan pada kuota penjualan tiket di setiap sesi kunjungan tiap harinya. Ini untuk memastikan protokol kesehatan Covid-19 terus terjaga dan pengunjung tetap aman dan nyaman.

[Lanjut halaman berikut: Ribuan Mobil Terjual, Motor Rp 1 M pun Laku]