Beda dari Versi Standar, Ini yang Spesial dari Mobil Safety Car WSBK Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 22 Nov 2021 19:25 WIB
Hyundai i30 Fastback N
Official Driver Safety Car WSBK Foto: Hyundai
Lombok -

Safety car Hyundai yang wara-wiri di ajang World Superbike (WSBK) 2021 ternyata punya sedikit perbedaan dari versi standar. Ada tambahan komponen untuk mendongrak performa, tapi sentuhannya tidak signifikan.

Cristian Siso Paris, Official Safety Car Driver WSBK menjelaskan Hyundai i30 Fastback N yang menjadi mobil official car resmi WSBK dominannya mirip dengan Hyundai i30 Fastback yang dilengkapi dengan paket performa.

"Perbedaan mobil ini dari versi originalnya bisa dilihat pada rem, knalpot, bucket seat. Tapi selebihnya sama dengan versi standar," ujar Nicola Cursi saat ditemui di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lebih lanjut dijelaskan Nicola, salah satu Official Safety Car Driver WSBK yang lain mengungkapkan bahwa untuk mendukung pengendalian mobil maka terjadi ubahan pada sisi pengereman.

Hyundai i30 Fastback NKaki-kaki Hyundai i30 Fastback N Foto: Ridwan Arifin

"Velgnya lebih besar karena menggunakan ukuran 19 inch. Ya, ini juga karena kaliper remnya juga berukuran gede dari model standar," ujar Nicola.

Siso mengatakan secara tampilan, Hyundai i30 Fastback N safety car ini sekilas bentuknya tidak berbeda dari versi yang sudah dijual pada negara tetangga, Australia misalnya.

"Dimensinya juga sama, hanya saja ada beberapa aksesori tambahan seperti lampu," kata Siso.

Sementara jika melongok interiornya, Hyundai i30 Fastback N ini memiliki kemiripan dengan versi i30 Fastback standar. Tanpa perubahan berarti, namun terpantau tempat meletakan denah sirkuit Mandalika pada bagian konsol tengah.

Sistem multimedia standar pun masih terpasang dan jok belakang standar masih sama. Perbedaannya terletak pada jok yang digunakan yakni modelnya bucket seat.

Sebagai informasi, Hyundai i30 Fastback N, lahir Divisi N. Penggunaan huruf N diambil dari nama depan Kota Namyang dimana pusat R&D Hyundai terletak dan sekaligus menjadi tempat dibentuknya Hyundai N. Selain itu, N juga merepresentasikan Sirkuit Nurburgring, lokasi yang menjadi tempat pengetesan mobil-mobil performa Hyundai.

Di balik bonetnya, Hyundai i30 Fastback N menggunakan mesin 2.0 Theta II T-GDi berkapasitas 1998 cc dengan 4 silinder. Mobil penggerak roda depan ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 280 PS di 6.000 rpm, dan torsi maksimal 36 kgm di 4.700 rpm. Mobil safety car yang digunakan pakai transmisi manual 6-percepatan.



Simak Video "Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)