Sopir Safety Car WSBK: Sirkuit Mandalika Trek Kencang

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 22 Nov 2021 08:09 WIB
Hyundai i30 Fastback N
Hyundai i30 Fastback N Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Kesuksesan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika tak terlepas dari peran safety car. Mobil ini selalu wara-wiri sebelum balapan dimulai. Driver safety car WSBK mengungkap karakteristik Sirkuit Mandalika.

Cristian Siso Paris mengatakan Sirkuit Mandalika memiliki karakter trek yang kencang. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,3 km ini memiliki speed trap sehingga bisa memaksimalkan kecepatan saat berlaga.

"Sirkuit Mandalika sangat aman, karena ini adalah sirkuit besar, cepat, dan sangat aman," kata Siso usai menggeber Sirkuit Mandalika pakai Hyundai i30 Fastback N.

Siso mengatakan beberapa pebalap WSBK juga sempat mengalami crash di Sirkuit Mandlika. Namun Siso bilang kecelakaan dalam dunia balap merupakan hal lumrah, tapi dalam race WSBK kemarin tidak sampai kejadian red flag.

"Ada beberapa kecelakaan di sini, tapi pebalapnya oke. Tidak harus sampai menyetop balapan," kata Siso.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.

Trek ini dilengkapi dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outer (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

Hanya saja, kondisi cuaca juga membuat safety car terus mondar-mandir. Race director bahkan memutuskan untuk menghentikan race pertama World Superbike tersebut.

"Seperti di sini (Sirkuit Mandalika). Sebentar-bentar hujan, lalu kemudian kering. Pada lap pertama kami berkordinasi dengan race direction untuk menilai kelaikan sirkuit," kata Siso.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)