ADVERTISEMENT

Selebrasi Toprak di Mandalika: Ganti Wearpack Mentereng, Ogah Semprot Sampanye

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 21 Nov 2021 13:04 WIB
Lombok -

Toprak Razgatlioglu memastikan diri jadi juara dunia WSBK 2021. Rider Pata Yamaha itu memenangi duel ketat dengan Jonathan Rea. Toprak melakukan selebrasi dengan mengganti wearpack dan helmnya yang dibalut warna emas.

Dalam balapan pertama di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021), rider asal Turki itu finis kedua di belakang Jonathan Rea. Hasil ini cukup untuk mengantarkannya menjadi juara dunia WSBK 2021.

Pertarungan sengit dengan Rea tersaji oleh Toprak selama 21 putaran. Toprak yang memulai start paling depan harus rela posisinya diambil oleh Jonathan Rea.

Rider Kawasaki itu memulai balapan dengan start bagus. Persaingan antara Rea dan Toprak sengit.

Keduanya saling salip. Ketika memasuki lima lap tersisa, Jonathan Rea masih memimpin balapan, pertarungan sengit justru terjadi pada perebutan juara kedua dan tiga, antara Scott Redding dan Toprak.

Tapi Toprak bisa mempertahankan posisinya di tempat kedua. Ini sudah cukup membuatnya jadi juara WSBK 2021. Sebab Toprak sudah mengumpulkan 551 poin, unggul dari Rea yang mencatatkan 526 angka. Selisih itu sudah tak lagi mungkin terkejar oleh Rea sebab WSBK 2021 tinggal menyisakan Race 2 di Mandalika.

Toprak pun mematahkan dominasi Rea. Rider Irlandia Utara itu sudah menjadi juara WSBK 6 kali beruntun, sejak 2015.

Usai finis, Toprak merayakan pesta kecil kemenangannya. Rider 25 tahun asal Turki ini mengganti wearpack hingga helmnya menjadi warna lebih mentereng.

Berbeda dengan wearpack yang digunakan sebelumnya, Toprak tampil dengan seragam warna biru. Kelir itu merupakan warna kebanggaan Yamaha.

Toprak Razgatlioglu Jadi Juara Dunia WSBK 2021 di MandalikaToprak Razgatlioglu Jadi Juara Dunia WSBK 2021 di Mandalika Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Pada saat di podium, Toprak juga tidak mengikuti pesta champagne. Ia memilih turun dari podium.

Toprak memang dikenal sebagai Muslim yang cukup taat. Pada bulan Ramadan lalu, misalnya, ia tetap menjalani ibadah puasa di tengah-tengah aktivitas menjalani tes di Aragon.

Pebalap Toprak Razgatlioglu sukses menjadi juara dunia WSBK 2021. Toprak mengunci gelar juara usai finis kedua saat balapan di Sirkuit Mandalika.Pebalap Toprak Razgatlioglu sukses menjadi juara dunia WSBK 2021. Toprak mengunci gelar juara usai finis kedua saat balapan di Sirkuit Mandalika. Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim

Akun media sosial Toprak Razgatlioglu juga memberikan cerminan betapa dirinya berusaha selalu mengingat Sang Maha Pencipta. "Aku akan melakukan yang terbaik, sisanya aku serahkan kepada Allah" adalah makna tulisan yang ada di bio akun Instagram Toprak. Di bawah kalimat itu tertulis pula "BismillahFirst", baru kemudian daftar cuplikan kariernya di dunia balap.

Kemenangan ini ia dedikasikan untuk sang ayah yang sudah berpulang.

"Saya sangat bahagia. Hari ini spesial sekali, karena gelar juara dunia ini untuk ayah saya. Menjadi juara dunia selalu menjadi impian saya. Sayangnya, beliau tak ada di sini karena sudah meninggal dunia. Tapi saya merasa beliau menonton saya. Ini hari yang menakjubkan bagi saya. Saya kini jadi juara dunia," tuturToprak di paddock show Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).

(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT