Terios Bakal Pakai Platform Baru Xenia, Pakai Penggerak Roda Depan?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 18 Nov 2021 15:49 WIB
Petualangan Terios 7 Wonders kali ini sedang menjelajah keindahan Kabupaten Kolaka di Sulawesi Tenggara. Yuk lihat keindahan kotanya.
Daihatsu Terios Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

All New Daihatsu Xenia menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), perubahan juga terjadi dari penggerak roda, yang kini menganut sistem FWD (Front Wheel Drive). Akankah sentuhan ini juga terjadi pada Daihatsu Terios?

Diketahui Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios menggunakan platform yang sama pada generasi sebelumnya. Sinyal penggunaan platform DNGA pada model Low SUV itu nampaknya juga dilakukan,

"Pastinya platform DNGA ini baru, kemarin Daihatsu All New Xenia merupakan platform kedua, karena pertama dipakai di Rocky. Tidak menutup kemungkinan, karena teknologi dan konsep platform ini yang memang efisien,"ujar Product Planning PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi saat di GIIAS 2021, ICE-BSD, Tangerang.

"DNGA kan multi platform, bisa dikatakanlah segmen A, segmen B sudah dimulai. Terios ada di segmen B juga, tapi dengan model segmen yang berbeda. Bisa jadi," imbuhnya.

Saat disinggung lebih lanjut apakah Daihatsu Terios juga bakal menggunakan sistem penggerak roda depan. Anjar tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Esensinya gini, tunggu tanggal mainnya. Namanya konsep, teknologi, desain baru untuk mobil Daihatsu. Ke depannya pasti kita aplikasikan ke yang sama," jelasnya.

Daihatsu Terios saat ini sudah memasuki generasi kedua yang mulai dijual pada awal tahun 2018. Daihatsu terbilang rajin melakukan penyegaran pada mobil kembar dari Toyota Rush ini.

Lawan dari Xpander Cross, Suzuki XL-7 dan Honda BR-V ini masih bertahan pakai penggerakroda belakang. Sementara ntuk kapasitas mesin, keempatnya sama-sama menggunakan jantung pacu berkubikasi 1.500 cc tanpa turbo.

Sebagai informasi platform terbaru berbasis DNGA telah dikembangkan sejak tahun 2017 di Jepang. Platform ini disebut memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.

Sebagaimana diketahui, Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 4 model barunya yang telah menyematkan platform DNGA ini baru dalam beberapa tahun terakhir, yakni Daihatsu New Tanto, dan Daihatasu Rocky pada 2019, Daihatsu New Taft pada 2020, dan Daihatsu Xenia pada 2021.



Simak Video "Daihatsu Luncurkan Terios Baru, Ini Wujud dan Fitur Barunya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)