Suzuki Ertiga dan XL7 Bakal Ada Versi Hybrid di Indonesia, Suzuki Pede

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 09:38 WIB
Jakarta -

Suzuki percaya diri menghadirkan kendaraan hybrid di Indonesia. Sebab merek mobil asal Jepang ini sudah pernah mendatangkan model Suzuki Ertiga diesel hybrid beberapa tahun lalu di Tanah Air, yang kemudian digunakan sebagai bahan penelitian mereka.

Tren kendaraan di global, termasuk di Indonesia, bakal mengarah ke model kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan listrik. Di segmen menengah ke atas, sudah ada beberapa varian mobil listrik dan mobil hybrid yang dijual di Tanah Air. Namun untuk model menengah ke bawah, rasanya belum ada.

Head of Product Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donel, percaya diri untuk mendatangkan mobil mesin hybrid di Indonesia lantaran Suzuki sudah mempunyai pengalaman dalam hal itu.

"Sebenarnya kalau kita mau melihat sejarahnya, tahun 2017 sudah pernah masuk Suzuki Ertiga diesel hybrid. Dan kita juga sudah bisa mempelajari peta pengguna kendaraan hybrid Suzuki saat itu seperti apa. Dan itu tidak akan menyurutkan langkah Suzuki untuk bisa menghadirkan produk serupa di masa depan. Karena kita sudah memiliki basis data yang cukup, kita sangat percaya diri untuk bisa menghadirkan kendaraan tersebut di masa mendatang, di Indonesia," kata Harold kepada wartawan di arena GIIAS 2021, ICE, BSD City, Tangerang, Senin (15/11/2021).

Sebelumnya pada Maret lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungannya ke Jepang bertemu dengan petinggi Suzuki Motor Corporation (SMC). Dalam pertemuan itu, Suzuki menyebutkan komitmen untuk menambah investasi yang cukup besar di Indonesia. Salah satunya untuk mengembangkan mobil hybrid.

Menurut Agus Gumiwang, Suzuki akan menambah investasi sebesar Rp 1,2 triliun di Indonesia. Investasi itu ditanamkan untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan Suzuki di Indonesia. Disebutkan, Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 akan disematkan teknologi mild hybrid.

"Saya bertemu Suzuki. Sampai 2024 itu Suzuki akan menambah investasi Rp1,2 triliun dan ini akan menjadi basis pengembangan Ertiga dan juga XL7 yang basisnya mild hybrid," kata Agus seperti dikutip dari Antara.

(lua/din)