Berita Populer

Mobil Nahas Vanessa Angel: Nilai Sempurna Tes Tabrak, Fitur Keselamatan Mumpuni

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 07 Nov 2021 16:06 WIB
vanessa angel tewas kecelakaan di tol jombang
Mobil Pajero Sport Vanessa Angel. Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta -

Vanessa Angel dan suaminya Bibi meninggal dunia dalam kecelakaan di Tol Jombang arah Surabaya km 672. Saat itu, Vanessa Angel menumpangi Mitsubishi Pajero Sport bernopol B 1264 BJU.

Diketahui mobil yang ditumpangi Vanessa Angel dan keluarganya adalah Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 lansiran tahun 2018. Ini merupakan Pajero Sport generasi ketiga sebelum facelfit

Pajero Sport varian ini dibekali fitur keselamatan yang tergolong lengkap, di antaranya sudah dilengkapi fitur ABS+EBD, Brake Assist, 7-airbags, seatbelt reminder, dan sabuk pengaman untuk semua penumpang. Sementara pada baris kedua juga sudah terdapat fitur ISO-FIX Child Seat Anchor.

Beberapa fitur keselamatan canggih lain di antaranya, Active Stability & Traction Control, Adaptive Cruise Control, Hill Start Assist, Trailer Stability Assist, Blind Spot Warning, serta kamera mundur.

Pada varian Pajero Sport Dakar Ultimate, Mitsubishi menghadirkan fitur safety tambahan untuk meminimalisir efek dari kesalahan. Fitur ini bernama Ultra Mis-acceleration Mitigation System (UMS) dan Forward Collision Mitigation (FCM).

Fitur UMS merupakan teknologi keselamatan berupa sensor radar terintegrasi yang secara otomatis mengirim sinyal jika ada hambatan yang terdeteksi, baik di depan atau belakang kendaraan. Fitur UMS ini memiliki empat sensor di depan dan 4 sensor di belakang. Jadi, jika sistem membaca pengendaranya salah injak pedal, maka sistem UMS ini secara otomatis akan membatalkan akselerasi.

Sedangkan fitur Forward Collision Mitigation (FCM) membantu pengemudi yang lengah ketika di depan ada kendaraan namun pengemudi tidak mengurangi kecepatan atau menginjak rem.

Dalam kondisi ini, FCM akan melakukan peringatan dengan sinyal suara. Lebih lanjut, apabila pengemudi masih tidak ada respon maka FCM akan memberikan sinyal suara ditambah pelambatan atau pengereman perlahan secara otomatis. Apabila pengemudi masih belum ada respon (dianggap tertidur) maka secara otomatis mobil akan melakukan pengereman.

Tak cuma dibekali fitur lengkap, Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga sebelum facelift ini juga telah lulus uji tabrak dengan nilai sempurna. ASEAN NCAP merilis hasil uji tabrak Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga ini. SUV buatan Mitsubishi itu mendapatkan rating maksimal 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa (dengan mencatatkan poin 15,29 dari total 16 poin) dan 4 bintang untuk perlindungan anak (76%).

Lima bintang hanya untuk varian tertinggi yang mempunyai fitur Electronic Stability Control (ESC) atau Active Stability Control (ASC) dan Seatbelt Reminder System (SBR).

Selain di ASEAN, Pajero Sport juga mendapatkan rating 5 bintang oleh Latin NCAP dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Program).



Simak Video "Suasana Acara 40 Harian Meninggalnya Vanessa Angel di Rumah Sang Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)