5 Pelajaran Penting dari Kecelakaan Maut Vanessa Angel

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 06 Nov 2021 07:10 WIB
Polisi melakukan evakuasi mobil Vanessa Angel yang mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang KM 672-400A, Kamis (4/11/2021). Proses evakuasi dilakukan selama 15 menit.
Pajero Sport Vanessa Angel ringsek. Foto: Sugeng Harianto
Jakarta -

Kecelakaan maut merenggut selebritas Vanessa Angel beserta suaminya Bibi. Pajero Sport yang ditumpangi Vanessa Angel mengalami kecelakaan nahas di Tol Jombang KM 672.

Ada beberapa pelajaran penting yang bisa diambil dari peristiwa kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi. Pelajaran penting ini diharapkan bisa diterapkan para pengguna kendaraan bermotor agar tidak terjadi kecelakaan maut serupa.

Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, setidaknya ada lima hal yang perlu menjadi perhatian pengendara dari kecelakaan yang dialami Vanessa Angel. Berikut rinciannya.

1. Kendalikan Emosi

Sony mengatakan, ketika berkendara di jalan tol, utamanya pengendara harus mengendalikan emosi. Ketika emosi stabil, seorang pengemudi bisa melakukan aktivitas sesuai akal sehatnya.

"Yaitu menentukan kecepatan sesuai dengan penumpang yang dibawa. Ingat, di sana ada anak kecil. Sehingga ketika ada anak kecil, kecepatan yang ideal adalah 60-80 km/jam dan anak kecil itu wajib duduk di children seat," ujar Sony.

"Kita nggak bisa bilang larinya 100 km/jam atau 180 km/jam padahal kita tidak bisa mengantisipasi kalau memang terjadi apa-apa di jalan raya. Jadi akal sehat itu penting harus diperhatikan," ucapnya.

2. Pakai Safety Belt

Dari kasus meninggalnya Vanessa Angel, perlu dipahami bahwa semua penumpang di dalam mobil wajib memakai sabuk pengaman atau safety belt. Berdasarkan keterangan polisi, Vanessa Angel terlempar ke luar mobil lantaran tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Semua penumpang harus menggunakan safety belt tanpa terkecuali. Dan posisinya harus dalam posisi duduk sekalipun dia tidur atau capek," ujar Sony.

Sony menyebut, safety belt yang sudah disediakan dari pabrikan untuk setiap penumpang seharusnya dimanfaatkan dengan baik.

"Safety belt ini kan memang sudah disediakan sama kendaraannya. Kita beli mobil itu kan beli fitur-fitur juga. Kalau fiturnya ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal, terus buat apa kita beli mahal-mahal," kata Sony kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

"Kalau pakai safety belt saya yakin dia (Vanessa Angel) nggak keluar. Jadi fitur-fitur itu benar-benar dipakai sesuai dengan jumlah penumpangnya," ucapnya.

Simak video 'Melihat Olah TKP di Lokasi Kecelakaan Maut Vanessa Angel':

[Gambas:Video 20detik]



[Lanjut halaman berikut: Cegah Ngantuk dan Risiko Kecelakaan di Tol]