Sopir Vanessa Angel Posting IG Stories Lagi Ngebut, Sama Saja Bunuh Diri

ADVERTISEMENT

Sopir Vanessa Angel Posting IG Stories Lagi Ngebut, Sama Saja Bunuh Diri

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 05 Nov 2021 09:17 WIB
Jakarta -

Vanessa Angel dan suaminya Bibi mengalami kecelakaan di Tol Jombang KM 672. Mobil Pajero Sport yang ditumpanginya ringsek. Vanessa Angel dan Bibi meninggal dunia dalam kecelakaan itu.

Di dalam Pajero Sport itu diketahui ada lima orang, Vanessa Angel, Bibi, sopir mereka Tubagus Joddy, putranya Gala, dan pengasuh Gala.

Dikutip detikHot, sebelum kecelakaan terjadi, Tubagus Joddy, sempat merekam perjalanannya dalam Instagram Stories miliknya. Dia merekam video sambil nyetir. Dalam postingannya terlihat Joddy dalam kecepatan tinggi mengemudikan mobil yang dibawanya.

Tapi beberapa waktu setelah kecelakaan terjadi, Instagram Stories dari Joddy tersebut langsung dihapus. Tidak ada lagi postingan di KM 555 yang seperti terekam dalam Instagram Stories sebelumnya.

vanessa angelInstagram Stories Tubagus Joddy. Foto: dok instagram

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan sangat berbahaya mengemudi yang konsentrasinya terganggu karena bermain ponsel. Apalagi ditambah kecepatan tinggi.

"Ketika ngebut di jalan, visibilitas semakin sempit sehingga pikirannya hanya terpusat ke satu titik arah depan. Semakin tinggi adrenalin, semakin sempit waktu bereaksi. Sehingga pengemudi harus benar-benar fokus dan berpikir jauh, kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi di luar kemampuan," ucap Sony kepada detikOto, Jumat (5/11/2021).

Untuk itulah, haram hukumnya mengemudi sambil bermain gadget. Peraturan berkendara di seluruh dunia juga melarang berkendara sambil bermain HP. Di Indonesia, sesuai Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengemudi sambil main ponsel bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

"Fokus pengemudi ketika bermain HP berkurang 40%, artinya kecepatan rendah sekalipun pengemudi akan terlambat berpikir dan bereaksi. Gimana yang kecepatannya 100 km/jam, satu detik saja mobil sudah berpindah lebih dari 25 meter," ujar Sony.

"Ini melebihi bahayanya mengemudi ngantuk atau mabuk. Sama dengan bunuh diri namanya," tegas Sony.

Kecepatan mobil yang menewaskan Vanessa Angel itu diduga lebih dari 100 km/jam. Hal ini diungkap oleh Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Latif Usman.

"Kalau dilihat dari kondisi kerusakan, kendaraan tersebut melaju lebih dari 100 km/jam," ujar Latif Usman.



Simak Video "Kata Polisi soal Kecelakaan yang dialami Vanessa Angel dan Suami"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT