Avanza-Xenia Hingga Xpander Baru Bakal Meluncur, Ini Komparasi Fitur dan Teknologi Barunya

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 03 Nov 2021 18:10 WIB
Toyota Avanza Generasi terbaru 2021-2022
Avanza Veloz generasi baru. Foto: doc. Istimewa
Jakarta -

Pekan depan segmen low MPV bakal kembali ramai dengan diluncurkannya versi pembaruan dari Avanza, Xenia, Xpander hingga Ertiga. Mobil di segmen low MPV itu mendapat penyegaran dari masing-masing pabrikan. Bahkan, salah satunya memasuki generasi baru yang berubah total.

Peluncuran low MPV terbaru itu diawali oleh Mitsubishi Xpander. Xpander dijadwalkan meluncur pada Senin (8/11/2021). Mitsubishi telah menebar teaser Mitsubishi Xpander. Dari teasernya terlihat bahwa Xpander memiliki wajah baru dengan lampu LED T-Shape.

Siluet Teaser Xpander CrossSiluet Teaser Xpander facelift dan Xpander Cross Foto: Dok. MMKSI

Ubahan juga santer terlihat dengan bentuk gril, lalu pada bagian head lamp dan fog lamp juga nampaknya mengalami revisi dari Mitsubishi Xpander saat ini. Jika dilirik pada buritan samping serta penggunaan velg masih terlihat mirip dengan Xpander sekarang. Rumornya, Mitsubishi Xpander juga akan mengusung transmisi CVT.

Dua hari setelah Xpander meluncur, giliran PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang menelurkan Avanza generasi terbaru. Avanza terbaru ini memang sudah ramai diperbincangkan beberapa bulan belakangan.

Bocorannya, Toyota Avanza akan mengusung pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Ada pula pilihan transmisi CVT. Toyota Avanza akan mengusung penggerak roda depan, berubah dari Avanza sebelumnya yang setia menggunakan penggerak roda belakang.

Peluncuran Avanza BaruPeluncuran Avanza Baru Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Salah satu fitur canggih yang sudah pasti akan disematkan pada Toyota Avanza terbaru ini adalah Toyota Safety Sense (TSS). Di Indonesia, Toyota sudah memperkenalkan sistem TSS ini di SUV kompak, Toyota Raize. Teknologi serupa juga ditawarkan Daihatsu dengan nama ASA (Advanced Safety Assist).

Fitur TSS pada Raize meliputi Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control. Avanza juga akan disematkan fitur EPB (Electronic Parking Brake).

Wujud Avanza baru juga sudah beredar di media sosial. Misal pada bagian muka, memiliki desain grill trapezoid seperti mobil SUV, Toyota Corolla Cross maupun Toyota RAV4. Bedanya, pada Avanza Veloz baru tersebut desainnya lebih ramai karena banyaknya lekukan, terutama di area foglamp dan bumper.

[Lanjut halaman berikut: Pembaruan Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga]