Mobil-mobil Mewah yang Dipakai Jokowi saat Kunjungan Luar Negeri

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 03 Nov 2021 14:12 WIB
Mercedes-Benz S-Class, S 600 Guard
Mercedes-Benz S-Class, S 600 Guard. Foto: Mercedes-Benz.
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke beberapa negara. Dalam beberapa hari terakhir, Jokowi berkunjung ke Roma, Italia untuk menghadiri KTT G20, lanjut ke Glasgow, Skotlandia untuk menghadiri KTT COP26 dan menuju Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA).

Dalam kunjungan ke beberapa negara tersebut, Jokowi menumpangi beberapa mobil mewah. Di Italia, Jokowi dijemput mobil Italia, di Skotlandia Jokowi menumpangi mobil Inggris, dan di Abu Dhabi Jokowi menggunakan mobil Jerman.

Selama di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021. Selama menghadiri KTT G20 di Roma, Jokowi menumpangi salah satu mobil mewah asal Italia, yaitu sebuah SUV Alfa Romeo Stelvio. Tampak Jokowi menumpangi mobil Alfa Romeo Stelvio. Mobil tersebut telah dilengkapi dengan bendera Merah Putih di bagian kap mesinnya.

Alfa Romeo Stelvio yang ditumpangi Jokowi selama di Roma ini menggunakan mesin bensin 2.000 cc 4 silinder segaris. Tenaga dari mesin itu mencapai 280 daya kuda pada 5.200 rpm dengan torsi maksimal 414 Nm pada 2.000 rpm.

Mobil yang Ditumpangi Jokowi di KTT G20 RomaMobil yang Ditumpangi Jokowi di KTT G20 Roma Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda dengan penggerak all wheel drive.

Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 96 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 5,5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 231 km/jam.

Di Italia, Alfa Romeo Stelvio dijual dengan harga 40.592 euro atau setara dengan Rp 666,9 juta.

Dari Roma, Jokowi terbang ke Glasgow, Skotlandia. Dari Bandar Udara Internasional Glasgow Prestwick, Glasgow, Skotlandia, Jokowi dijemput salah satu SUV mewah asal Inggris. Presiden langsung menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan untuk kemudian menuju hotel tempatnya bermalam selama berada di Glasgow. Dalam video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, terdapat mobil Land Rover Range Rover dan sebuah Mercedes-Benz GLC. Jokowi diarahkan naik Range Rover.

Mobil yang ditumpangi Jokowi ini adalah Land Rover Range Rover. Ini merupakan salah satu SUV premium dari Inggris. Range Rover ini ditawarkan dengan beberapa pilihan mesin, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Kini, ada pula Range Rover yang hadir dengan teknologi plug-in hybrid.

Range Rover yang Ditumpangi Jokowi di GlasgowRange Rover yang Ditumpangi Jokowi di Glasgow Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Range Rover dengan mesin diesel ada dua pilihan, yaitu D300 dan D350. Mobil itu ditenagai mesin 3.000 cc enam silinder dengan teknologi hybrid ringan. Sementara versi mesin bensinnya ada pilihan mesin 3.000 cc enam silinder untuk tipe P400 dan mesin V8 4.400 cc untuk tipe P530.

Di Inggris, Range Rover terbaru dijual mulai dari 94.400 poundsterling atau setara Rp 1,8 miliar.

[Lanjut halaman berikut: Mobil Mewah yang Ditumpangi Jokowi di Abu Dhabi]