Akhirnya! Mobil Listrik Murah Meriah Wuling Hongguang EV Mendarat di Jakarta

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 27 Okt 2021 18:52 WIB
Wuling Hongguang EV Macaron
Wujud Wuling Hongguang EV Macaron Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Kehadiran mobil listrik Wuling ke pasar Indonesia kian dekat. Terbaru, mereka menghadirkan Wuling Hongguang EV Macaron di acara peluncuran Wuling Center pada Rabu (27/10/21) di Jakarta. Bagaimana wujudnya dan seperti apa mobil listrik murah ini? Simak ulasan kami!

Ada dua Wuling Hongguang EV Macaron yang hadir di Wuling Center Jakarta, yang satu berwarna kuning atau lemon yellow and white dan juga warna merah muda atau white peach powder fight white. Keduanya masih menggunakan konfigurasi setir kiri.

Wuling Hongguang EV MacaronWuling Hongguang EV Macaron Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain Eksterior
Wuling Hongguang EV Macaron ini terlihat sangat compact. Di atas kertas, panjangnya hanya 2.920 mm, berarti mobil ini sekitar 72 cm lebih compact dibanding dengan Honda Brio. Sedangkan untuk lebarnya, Hongguang EV Macaron ini tercatat ada di 1.493 mm dan tingginya hanya 1.621 mm.

Dari depan, Wuling Hongguang EV ini tampil layaknya mobil listrik yang tak menggunakan grille. Mukanya tampak datar dengan panel berwarna chrome hitam alias piano black yang dijepit oleh dua buah headlamp. Di tengah, logo Wuling-nya bisa dibuka untuk akses ke lubang pengecasan.

Geser ke samping, kesan imut-imut jelas sangat terasa. Selain karena pintunya yang hanya dua alias coupe, mobil ini juga menggunakan kaki-kaki yang kecil. Peleknya menggunakan pelek ring 12 yang dibalut dengan ban 145/70.

Sedangkan tampak belakangnya, Wuling Hongguang EV Macaron ini hadir dengan desain yang patah atau mengotak. Desain lampu belakangnya senada dengan desain lampu depan dan juga ada panel hitam bertuliskan 'Wuling'.

Wuling Hongguang EV MacaronWuling Hongguang EV Macaron Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Kaca belakangnya ini dapat dibuka untuk mengakses bagasi. Namun, dalam keadaan jok belakang yang terbuka, bagasinya sangat kecil. Jika membutuhkan bagasi yang luas, maka mau tak mau jok belakang harus dilipat.

Desain Interior
Masuk ke dalam kabin dari mobil mungil ini, kata yang langsung muncul di benak kami adalah 'sederhana'. Joknya dilapisi bahan seperti fabric berwarna abu-abu dengan kombinasi warna senada dengan bodi-nya.

Sedangkan untuk dashboard-nya, tampak sangat minimalis. Hanya ada kisi AC yang panjang melintang dan tombol hazard yang lokasinya dekat dengan setir. Untuk pengaturan AC-nya, masih menggunakan knop yang dapat diputar, berjumlah tiga buah, dan desainnya sangat sederhana. Sementara di sampingnya, ada headunit yang dapat terhubung dengan sambungan USB.

Wuling Hongguang EV MacaronWuling Hongguang EV Macaron Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Shifter dari Wuling Hongguang EV ini disimpan di tengah, di antara jok supir dan penumpang depan. Sederhana sekali desain dan bentuknya, hanya knop putar bertuliskan D, N, R dan lambang cas. Selain itu, ada juga tombol naik-turun jendela di dekat shifter-nya.

Bangku baris keduanya terasa compact dan untuk saya yang punya tinggi 175 cm, rasanya tidak nyaman untuk duduk berlama-lama. Memang mobil ini pas untuk berkendara di perkotaan, yang tiap perjalanannya tidak memakan waktu panjang.
Bangku baris kedua ini menurut kami hanya dapat diisi oleh dua orang dewasa.

Secara umum, mobil ini hadir dengan desain yang menarik sekali. Tampangnya imut-imut, menguatkan konsepnya sebagai mobil listrik perkotaan. Menurut kami, Wuling Hongguang EV Macaron ini akan pas dipakai anak muda di kota besar yang padat kendaraan dan sulit mencari pakir. Atau untuk keluarga kecil, rasanya masih oke lah. Asalkan mau berkompromi dengan ruang yang compact.

[Halaman berikutnya: Spesifikasi dan Harga Wuling Hongguang EV Macaron]