Ekspedisi 3.000 Km

Melibas 3.000 Km Jakarta-Bali Bareng Wuling Almaz RS

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 26 Okt 2021 07:44 WIB
Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RS
Jelajah 3.000 km bersama Wuling Almaz RS. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Wuling Almaz RS tak hanya bisa digunakan di perkotaan. SUV andalan Wuling yang memiliki beragam fitur canggih ini pun bisa diandalkan untuk perjalanan jarak jauh. Kali ini, detikOto bersama detikTravel dan detikFood melakukan road trip sejauh lebih dari 3.000 km dari Jakarta hingga Bali sekaligus menguji Wuling Almaz RS.

Perjalanan road trip 3.000 km Jakarta-Bali ini tak biasa. Sebab, kami mampir ke beberapa kota untuk mengunjungi tempat wisata yang mulai pulih setelah diterjang pandemi COVID-19. Tak cuma ke tempat wisata, kami juga mengunjungi beberapa lokasi untuk menikmati sajian kuliner lokal khas di setiap kota yang kami kunjungi.

Road trip 3.000 km bersama Wuling Almaz RS dilakukan selama 9 hari. Perjalanan dimulai dari Gedung Transmedia di Mampang, Jakarta Selatan, menuju Yogyakarta. Perjalanan ke Yogyakarta pun kami lakukan melalui jalur selatan, lewat Bandung, Nagreg, mampir di Tasikmalaya, Purwokerto hingga ke Yogyakarta.

Dalam perjalanan hari pertama menuju Yogyakarta tersebut, ketangguhan Wuling Almaz RS benar-benar teruji. Beragam medan menantang dengan mulus dilibas SUV Wuling tersebut. Terlebih, Wuling Almaz RS memiliki fitur yang membantu pengendaranya, seperti Internet of Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command (WIND), serta Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RSRoad Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RS Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Di hari kedua, kami menjelajah Yogyakarta. Berbagai lokasi wisata kami kunjungi menggunakan Wuling Almaz RS ini. Tak lupa, kami mencicipi kuliner khas Yogyakarta.

Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RSWuling Almaz RS di Candi Plaosan, Yogyakarta. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Keesokan harinya, kami langsung gaspol dari Yogyakarta menuju Banyuwangi. Dalam perjalanan panjang menuju Banyuwangi, kami melewati Tol Trans Jawa sampai Probolinggo sekaligus merasakan canggihnya fitur ADAS yang ada di Wuling Almaz RS.

Tiba di Banyuwangi, kami mengunjungi beberapa spot wisata di Bumi Blambangan tersebut. Setelah itu, kami menyeberang ke Bali.

Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RSWuling Almaz RS memasuki kapal untuk menyeberang ke Bali. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Di Bali, beberapa spot wisata yang dikunjungi pun bukan lokasi yang biasa dikunjungi wisatawan. Bersama Wuling Almaz RS, kami menjelajah sisi utara Pulau Bali. Beberapa lokasi wisata di utara Pulau Bali di antaranya Air Terjun Gitgit di Buleleng, Desa Wisata Les, Savana Tianyar, hingga Pantai Lovina. Berbagai kondisi jalan yang menantang dengan mulus dilalui Wuling Almaz RS. Apalagi di Savana Tianyar, jalurnya cukup menantang dengan beberapa tanjakan yang berpasir.

Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RSRoad Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RS. Momen Wuling Almaz RS diuji di Savana Tianyar, Bali. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Dari Bali, kami kembali ke Jakarta dengan mampir ke Surabaya dan Semarang. Di dua kota tersebut juga kami jelajahi wisata kuliner khasnya.

Wuling Almaz RS sangat memanjakan perjalanan road trip 3.000 km ini. Dari catatan odometer, total perjalanan road trip ini mencapai 3.139 km. Selama perjalanan sejauh itu, tak ada kendala yang berarti yang dialami Wuling Almaz RS.

Sebagai gambaran, Wuling Almaz RS dibekali mesin 1.451 cc 4 silindder segaris DOHC dengan turbo. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 140 daya kuda pada 5.200 rpm dengan torsi maksimal 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Bagaimana hasil pengujian 3.000 km Wuling Almaz dipakai road trip Jakarta-Bali? Berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk melakukan road trip? Seperti apa keseruan jelajah wisata dan kuliner dalam road trip kali ini? Simak terus ulasannya di detikOto, detikTravel, dan detikFood.



Simak Video "Wuling Hadirkan Almaz RS, SUV dengan Segudang Fitur Canggih"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)