16 Fitur Canggih Wuling Almaz RS, Ini Daftarnya

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 19 Mar 2021 14:31 WIB
Wuling Almaz RS
Wuling Almaz RS. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Wuling Motors resmi memperkenalkan varian tertinggi, Wuling Almaz RS. Mobil berjenis medium SUV tak hanya mendapat sentuhan lebih sporty di area eksterior, namun juga dibekali berbagai fitur canggih yang tidak dimiliki kompetitor di kelasnya. Apa saja fitur-fiturnya?

Selain masih mempertahankan fitur perintah suara (voice command) dan Wuling Indonesian Command (WIND), Wuling Almaz RS kini juga mendapat paket teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Teknologi ini sudah diperkenalkan sejak Januari 2021 lalu.

Dalam keterangan resminya, Wuling Motors mengatakan bahwa WISE merupakan ekosistem pintar, di mana pengguna dan kendaraannya bakal saling terhubung melalui koneksi internet, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai kendali dari genggaman melalui teknologi Internet of Vehicle (IoV).

Tak hanya itu, WISE juga mencakup fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang membantu pengendara dalam berbagai kondisi berkendara melalui berbagai fiturnya.

Berikut daftar 16 fitur canggih Wuling Almaz RS yang tergabung dalam paket teknologi IoV dan ADAS:

Wuling Almaz RSWuling Almaz RS Foto: Luthfi Anshori

Internet of Vehicle

1. Vehicle Positioning: Menampilkan lokasi terkini kendaraan Anda pada smartphone.

2. Vehicle Remote Control: Kendali jarak jauh melalui smartphone untuk memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin, serta membuka-tutup jendela dan kunci pintu.

3. Geo-Fencing Security: Memasang 'pagar elektronik' dengan radius tertentu di sekitar kendaraan. Jika mobil keluar dari radius yang ditetapkan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pengguna.

4. Bluetooth Key: Membuka dan menutup kunci kendaraan melalui koneksi Bluetooth dari smartphone.

5. Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App: Pengendara dapat melihat navigasi, memutar lagu favorit, ataupun berkirim pesan melalui head unit. Fungsi ini juga didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia (WIND) sehingga konsentrasi selama berkendara dapat selalu terjaga.

Wuling Almaz RSWuling Almaz RS Foto: Luthfi Anshori

Advanced Driver Assistance System (ADAS)

Kategori: Adaptive Cruise

6. Adaptive Cruise Control (ACC): Secara otomatis menyesuaikan kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan di depannya sekaligus menjaga jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam.

7. Bend Cruise Assistance (BCA): Mengurangi kecepatan secara otomatis ketika kendaraan memasuki tikungan. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam.

8. Traffic Jam Assistance (TJA)-Intelligent Cruise Assistance (ICA): Membantu menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancar. Fitur bekerja pada kecepatan 60-150 km/jam.

Kategori: Lane Recognition

9. Lane Departure Warning (LDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki. Fitur bekerja di kecepatan 60-180 km/jam.

10. Lane Keeping Assistance (LKA): Secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman. Fitur bekerja pada kecepatan 10-180 km/jam.

Wuling Almaz RSWuling Almaz RS Foto: Luthfi Anshori

Kategori: Safe Distance & Braking Assistance

11. Safe Distance Warning (SDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 65-150 km/jam.

12. Forward Collision Warning (FCW): Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan dan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Fitur bekerja pada kecepatan 30-150 km/jam.

13. Automatic Emergency Braking (AEB): Jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, maka sistem akan secara otomatis melakukan pengereman darurat. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

14. Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA): Menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

15. Collision Mitigation System (CMS): Jika tabrakan tetap terjadi akibat kecepatan terlalu tinggi atau kejadiannya terlalu mendadak, maka sistem ini akan memaksimalkan pengurangan kecepatan, sehingga mengurangi keparahan cedera atau kerusakan akibat tabrakan. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

Kategori: Automatic Light

16. Intelligent Head Beam Assistance (IHMA): Kendaraan secara otomatis akan menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Fitur bekerja di atas kecepatan 30 km/jam.

Harga Wuling Almaz RS belum diumumkan secara resmi. Wuling Motors baru akan mengumumkan harga resmi Wuling Almaz RS pada saat peluncuran bulan Maret 2021 ini.



Simak Video "Wuling Hadirkan Almaz RS, SUV dengan Segudang Fitur Canggih"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)