Wuling Almaz Pakai Kode "RS', Maknanya Beda dengan Mobil-mobil Honda

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 18 Mar 2021 19:40 WIB
Beda makna RS di Wuling Almaz dan mobil-mobil Honda
Beda makna 'RS' di Wuling Almaz dan mobil-mobil Honda. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Wuling Almaz varian tertinggi akhirnya resmi dijual. Menariknya, Wuling memilih menggunakan emblem 'RS' untuk tipe tertinggi SUV andalannya tersebut. Padahal seperti diketahui, di Indonesia logo 'RS' sudah sangat lekat dengan mobil-mobil tipe tertinggi Honda. Lalu apa beda makna 'RS' di Wuling Almaz dan mobil-mobil keluaran Honda?

Dalam keterangan resminya, Wuling Motors mengatakan jika 'RS' pada Wuling Almaz RS merupakan kepanjangan dari Rising Star. Secara desain, Wuling Almaz RS tampil sporty dengan tambahan lips bumper di depan, cat dual tone, aksen karbon di bumper belakang, juga aksen krom yang menyerupai exhaust.

Wuling Almaz RSWuling Almaz RS Foto: Luthfi Anshori

"Almaz RS merupakan flagship model dari Wuling yang dapat berkompetisi di pasar otomotif Indonesia dengan dibekali beragam teknologi terkini, mulai dari perintah suara berbahasa Indonesia pertama yang terwujud dalam Wuling Indonesian Command (WIND) hingga inovasi WISE yang terdiri dari Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV)," tulis pernyataan Wuling.

"Desain eksterior dan interior yang modern, pengalaman berkendara yang unik, serta fitur kenyamanan dan keamanan yang kompetitif di kelasnya, bisa mendeskripsikan SUV ini sebagai Rising Star," sambungnya.

Honda City Hatchback RSHonda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Beralih ke pengertian 'RS' versi mobil-mobil Honda, merupakan singkatan dari kata 'Road Sailing'. RS merupakan pengembangan khusus untuk varian Honda yang memiliki karakter lebih sporty, baik dalam hal desain maupun performa.

Selain di Honda Jazz dan Civic Hatchback, varian RS juga dimiliki model-model populer lainnya seperti Honda Brio dan Honda Mobilio. Kemudian di model baru Honda City Hatchback, Honda Indonesia juga menyematkan emblem RS dan dijual sebagai satu-satunya varian.

Bukan tanpa alasan Honda Prospect Motor (HPM) gemar menghadirkan varian RS di lini produknya. Contoh pada tahun 2020, varian RS Honda Jazz mampu berkontribusi lebih dari 90% dari total penjualan model ini.



Simak Video "Wuling Hadirkan Almaz RS, SUV dengan Segudang Fitur Canggih"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)