Paling Laris, Mobil Listrik Rp 60 Jutaan Wuling Taklukkan Tesla

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 18 Okt 2021 08:30 WIB
Wuling Hongguang Mini EV
Wuling Hongguang Mini EV jadi mobil listrik paling laris, sukses taklukkan Tesla. Foto: Wuling.
Jakarta -

Wuling Hongguang Mini EV semakin laris di pasaran. Hingga bulan September 2021, tercatat sudah lebih dari 400 ribu unit mobil Hongguang Mini EV terjual di China sejak pertama kali diluncurkan.

Dikutip dari Inside EV, menurut data dari China Passenger Car Association (CPCA), pada bulan September 2021 mobil listrik mungil ini laku terjual sebanyak 35.169 unit. Angka tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 143% dari data tahun ke tahun (year-to-year) dan merupakan salah satu capaian terbaik di 2021.

Akan tetapi, total penjualan di September sedikit mengalami penurunan dari bulan sebelumnya. Tercatat penjualan di Agustus menyentuh hingga 41.188 unit, kemudian mengalami penurunan pada September sebesar 6.019 unit jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pada bulan September, mobil EV kompak tersebut berhasil meraih peringkat pertama dengan mengalahkan Tesla Model Y sebesar 33.033 unit dan Tesla Model 3 di angka 19.120 unit.

Data year to date sampai dengan September 2021, penjualan wholesale Hongguang Mini EV yang dihimpun CPCA menunjukan angka sebesar 252.661 unit. Sementara penjualan kumulatifnya sudah lebih dari 400.000 unit, capaian tersebut sangat mengesankan mengingat mobil listrik ini baru diluncurkan tahun lalu.

Mobil listrik yang diproduksi oleh usaha gabungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) ini telah jadi incaran masyarakat China sejak pertama kali diluncurkan. Wajar jika penjualan mobil ini terus mengalami peningkatan karena harga jualnya yang murah.

Di China, mobil listrik mungil ini dijual mulai US$ 4.500 atau sekitar Rp 64 jutaan. Banderol yang terjangkau membuat Hongguang Mini EV laris manis di pasaran, bahkan mengalahkan penjualan Tesla.

Pada varian yang dijual saat ini, mobil memiliki dimensi panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, dengan wheelbase 1.940 mm. Dengan ukuran itu, Hongguang Mini EV terbilang compact.

Sementara dari performanya, Wuling Hong Guang Mini EV dibekali motor elektrik bertenaga 27 dk. Tenaga disuplai oleh baterai compact 13,8 kWh.

Mobil mungil ini bisa menempuh kecepatan hingga 100 km/jam. Sekali ngecas, mobil listrik bisa menempuh 200 km. Angka itu lebih dari cukup untuk warga yang tinggal di daerah perkotaan yang biasanya hanya butuh jarak tempuh pendek.

Wuling Hongguang Mini EV dirumorkan akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Wujud mobil listrik mungil ini sudah muncul di media sosial pada akun Youtube milik Lukman Avengers.

Kabar ini kemudian disusul dengan rencana Wuling memproduksi mobil listrik di Indonesia pada tahun 2022. Bahkan, sinyal mobil ini akan dijual di Indonesia semakin kuat setelah Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, berkesempatan mencoba mobil listrik tersebut beberapa waktu lalu.



Simak Video "Di China Laris Manis, Mobil Listrik Wuling Laku Keras di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)